Cek Jarum Spidometer Yamaha Nouvo Nggak Gerak

Motorplus - Selasa, 4 September 2012 | 10:20 WIB


Lagi enak-enaknya geber motor, tahu-tahu jarum spidometer berhenti bergerak. Posisi jarum spidometer yang mestinya menunjukan kecepatan, mendadak hanya nyender penahan jarum yang ada di bawah garis angka 0. Nah lo, kenapa nih?

Gejala ini terjadi pada Yamaha Nouvo yang masa pakainya sudah lebih dari 3 tahun. Namanya juga skutik sudah berumur, hal seperti ini bisa saja terjadi. Tapi jangan buru-buru nyalahkan komponen spidometer, karena bisa saja rumah gigi spidometer yang terletak di as roda yang bermasalah.

Paling mudah dengan mengecek atau memainkan kabel spido dengan tangan. Tinggal buka kabel spidometer yang menancap di rumah gigi spidometer dengan tang dan putar dengan tangan ujung kabel spidometernya. Lalu lihat apakah jarum spidometer bergerak naik saat diputar tangan. Bila jarum bergerak, berarti rumah girbok positif bermasalah.

Selanjutnya buka as roda depan untuk membuka rumah gigi spidometer. Setelah lepas akan terlihat kondisi gir bagian dalam rumah gigi yang sudah aus. Segera belikan rumah gigi assembly yang baru.

Rakit kembali ke tempatnya dan pasang kembali kabel spidometer yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan diberi pelumas. Trus putar roda depan dengan tangan dan lihat ke panel spidometer untuk memastikan jarum bergerak naik.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.