Cegah Ban Bocor Karena Karat

Motorplus - Sabtu, 8 September 2012 | 13:15 WIB


Mungkin pernah mengalami ban bocor tanpa sebab, tapi terdapat lubang kecil di ban dalam. Bukan karena ada setan yang nusuk ban dalam. Itu kemungkinan tertusuk karat pelek yang sudah mulai banyak.

Walapun sudah terdapat pelindung karet yang terbuat dari karet ban dalam dengan ukuran yang kecil seperti tali G-string, ternyata kurang bisa melindungi ban dalam dari pecahan kerak karat yang runcing.

ÔÇ£Berikut tips buat pelek yang masih menggunakan pelek jari-jari kaleng alias besi yang sudah mulai banyak terdapat kerak karat,ÔÇØ kata Dedi Ahmad Setiawan, penasehat dari Honda Karisma Club Kuningan (HKCK). Dengan memperbesar perlindungan karet yang terdapat di pelek, bisa meminimalisir kebocoran akibat tertusuk kerak karat yang runcing.

Untuk bikinnya sediakan 2 ban dalam bekas, yang ukurannya sesuai lingkar pelek yang digunakan di motor. Gunting bagian atas secara membusur agar ban bisa terbelah. Ratakan sisi ban dalam sejajar bibir pelek, menggunakan gunting atau pisau agar bisa rapi. Setelah itu, masukkan ban dalam yang baru atau yang sudah lama dalam kondisi baik.

Dilanjut pasangkan ban luar, lalu pompa. ÔÇ£Dengan begitu karat yang berada di dalam permukaan pelek sekarang terperangkap dan ban dalam terlindungi oleh lapiasan ban dalam yang tadi dibuat,ÔÇØ jelas Dedi, sapaan akrab bikers asal Jakarta ini.

Jadi, intinya tinggal memperlebar ban dalam yang biasanya kecil. Agar karat yang terdapat di pelek tidak langsung bergesekan dengan ban dalam. Semoga membantu, bro. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.