Harley-Davidson XL 1200, Chopperis Speed Junkie Only

Motorplus - Rabu, 12 September 2012 | 14:14 WIB


Herman pemilik H-D dari Jakarta dan Rudi ÔÇÿThe Lucky BoyÔÇÖ Sudjono builder Flying Piston Garage (FPG) sepakat. Ingin membangkitkan romantisme desain boardtrack era tahun 20-an. ÔÇØBener-bener mau bikin old board track bro,ÔÇØ kata Rudi semangat.

Tapi, mereka juga wajib realistis! Artinya, mesin yang nanti diusung jangan kelewat tua. Selain performa sudah uzur, perawatan dan kelangkaannya bikin ribet. Diputuskan cari mesin yang gampang dan simpel perawatannya. Namun agar mesin terlihat tua, diakali lewat sandblasting.
Dari sini sektor sasis baru dilirik. ÔÇØBagian depan dulu, sok dipilih milik H-D FL 1942 versi balap. Beda dengan versi biasa, ini ada tiang penguatnya. Makin jadul, rem depan-belakang nggak pakai produk modern, tapi drum brake dari H-D XL 1957. Estetika old racingnya dapat khan?ÔÇØ bangga Rudi.

Detailing motor ini memang asyik diapresiasi. Langkah handmade dan pencarian part tua bikin penikmat custom salut. Elmu tekuk pipa dan dan ketok pelat dilakoni serius. Demikian juga rangka direhab ulang ala XL boardtracker. Setelah itu merancang tangki slim ol skool dan  wadah oli. Diikuti detailing part.

Roda dipilih 2,50x19 milik H-D tua plus karet Avon SM 4,00x19. Ini berlaku untuk depan-belakang, lho! Semua dipilih ban  relatif kecil karena memang punya roh motor balap. ÔÇØGambarannya, ini bukan tunggangan chopperis santai pakai ape hanger  tadi die harder yang suka kecepatan, menembus kota dan hang out dengan para speed junkie,ÔÇØ gambar Rudi.


Detailing motor ini juga sip. Rudi banyak memilih produk legendaris kategori collector item.  Saringan udara di karbu dipakai milik H-D WL dan fender belakang enggak kalah langka dari produk Indian lawas.

Cheers for FPG! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Karburator : H-D WL
Sepatbor belakang : Indian Motorcycle
Rem belakang : H-D XL 1957

 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.