Honda GL100, Cuma Mirip Norton Cafe Racer

Motorplus - Rabu, 19 September 2012 | 17:56 WIB


Honda CB100 kini banyak diburu orang. Berdampak terhadap harganya yang kian melambung. Apalagi tunggangan ini kerap diubah jadi motor modifikasi beragam aliran. Mulai dari gaya scrambler, motocross sampai caf?® racer dilakoni.

Semakin langka dan enggak jelas harganya, menuntut banyak orang beralih ke motor yang speknya ÔÇÿcumiÔÇÖ alias cuma mirip. Pilihan jatuh pada Honda GL 100 yang kebetulan rangka dan spek mesinnya enggak terlalu jauh. Bahkan motor jenis ini digadang-gadang paling mudah di konsep jadi caf?® racer.

Buktinya Honda GL 100 milik Sumanto, punggawa rumah modifikasi Kanibal Bike Worker (KBW) Jogja. Meski KBW belum lama berdiri, Sumanto rupanya tahu betul konsep modifikasi yang lagi mewabah di dunia modifikasi Indonesia. Makanya GL100 miliknya coba digarap ala caf?® racer.

ÔÇ£Kebetulan saja konsep caf?® racer lagi ramai. Selain itu pengerjaanya tidak makan waktu lama dan biayanya terjangkau alias murah. Apalagi beberapa partnya bisa bikin sendiri, jadi enggak banyak yang harus dibeli,ÔÇØ ujar warga Tempuran Kasihan, Bantul, Yogyakarta itu.


Dan sebagai seorang modifikator, Sumanto coba melempar gaya dan tampilan baru pada motor ubahanya yang belum tentu ada pesaingnya. Maka dipilih caf?® racer salah satu merek Norton yang tidak mau disebutkan tipenya, tapi dikasih nama Norton caf?® racer yang konsepnya didapat dari internet dan majalah.

Sumanto bilang, untuk merombak Honda GL 100 ke arah caf?® racer katanya tidak perlu banyak ubah rangka atau sasis. Hanya saja desain pada tangki, cover samping hingga buritan mesti dirobak total. Semua bentuk peranti tersebut diakui memang dari gambar motor Norton. Mulai dari lekukan dan arah pembentukannya.

ÔÇ£Untuk bodi sampai buritan, tutup aki dan sebagainya dibikin dari pelat besi galvanis. Hanya saja tangki dibikin ulang dari bahan tangki Honda CB200 yang dicustom ulang,ÔÇØ tunjuknya.

Biar hasilnya sempurna, kaki-kaki tidak boleh standar pabrik. Tapi, dicustom dengan komponen lain yang bentuk dan desainnya kelihatan kokoh waktu pasang di segitiga juga di rangka belakang dan lengan ayun.

Kaki depan pakai sokbreker Honda Tiger untuk menopang ban. Namun biar posisinya klop, diameter dan panjang as segitiga diatur ulang. Sedang segitiga atas dibikin ulang dan ditambah setang jepit di bawahnya khas caf?® racer,ÔÇØ imbuh Sumanto yang bukan asli Purbalingga ini.

Asal tahu saja setang berikut segitiganya, swing arm, knalpot dan footstep katanya juga hasil custom sendiri. Bagi seorang modifikator hal ini demi kepuasan juga menekanan biaya. Kan lebih puas bila biaya modif, minimal namun hasilnya maksimal dan sesuai dengan konsep.

Oh iya, Sumanto menyebut tunggangan ini konsep luar negeri tapi sentuhan dalam negeri. Lihat aja warnanya yang kelir oranye grafis garis putih. Kebetulan doi fans berat tim sepak bola Belanda.

Oke deh... (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Sok belakang: BMV
Pelek: Venom Ring 17
Ban: Primax 100/80-17 & 110/80-17
Headlamp: Variasi
Kontak: 08174-60610

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.