Menuju Era Motor Listrik Dengan Perangkat Sepeda Motor Hybrid Retrofit

Motorplus - Jumat, 21 September 2012 | 09:40 WIB
motorplus
Menuju Era Motor Listrik Dengan Perangkat Sepeda Motor Hybrid Retrofit

motorplus
Menuju Era Motor Listrik Dengan Perangkat Sepeda Motor Hybrid Retrofit
Bila menilik aplikasi perangkat sepeda motor hybrid buatan PT Retrofit Indonesia (RI), pasti akan langsung teringat penggunaan motor listik pada sepeda kayuh.
 
Sebuah motor listik tipe brushless hub motor digunakan sebagai pengganti teromol sekaligus menjadi tenaga alternatif pemutar roda.

Karena diletakan pada roda depan, alhasil aplikasi motor listik ini tidak mengganggu mekanisme mesin standar bawaan motor. Ketika hendak berjalan dengan motor listrik yang hemat bahan bakar, tinggal aktifkan motor listik dan roda depan yang berputar atau jadi front wheel drive.

Tapi ketika daya di baterai atau aki habis, tinggal nyalakan mesin bensin dan gunakan kembali mesin konvensionalnya. Ternyata, mekanisme ini bukan tanpa alasan. Menurut sang produsen, PT RI cara ini adalah yang paling masuk akal untuk diproduksi saat ini.

"Sebenarnya kita bisa saja membuat sepeda motor listik. Tapi akan timbul beberapa masalah, pertama adalah stasiun pengisian listriknya. Tidak semua tempat parkir sudah dilengkapi dengan fasilitas charge," buka Ir Agus Hariyanto dari PT RI. "Masa kalau mogok harus didorong-dorong," candanya.

"Masalah berikutnya adalah, ketika bentuknya motor. Apa iya masyarakat mau langsung beralih ke motor listik? Padahal di sisi lain, mereka masih punya sepeda motor yang layak. Populasi sepeda motor yang jumlahnya sudah puluhan juta mau diapakan? Nah, kita berprinsip untuk memanfaatkan yang sudah ada," beber Agus.

Lebih jauh, pria ramah ini menjelaskan bila infrastruktur charge listrik sudah banyak baru saatnya masuk ke era motor listrik. Jadi, perangkat hybrid Retrofit ini seperti jembatan menuju era sepeda motor listrik di Indonesia.

Langkah ini juga diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan subsidi bahan bakar minyak, khususnya premium yang banyak digunakan oleh sepeda motor.  (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.