Breket Setang City Cub, Aluminium atau Pelat Besi

Motorplus - Jumat, 21 September 2012 | 15:51 WIB


Modifikasi bebek jadul bergaya city cub punya pakem di areal setang yang dibikin simpel. Makanya bagian kemudi standar terpaksa harus ditanggalkan, diganti dengan kemudi layaknya motor batangan.

Nah, buat ganti setang model telanjang itu kudu memperhatikan braketnya, lantaran untuk pegangan setang harus dibuat dulu dudukannya. ÔÇ£Braket baru harus dibuat sebagai pegangan pangkal setang. Untuk modelnya sesaui selera saja,ÔÇØ ujar Sus Anwar dari rumah modifikasi Black Orcid Custom yang biasa menggarap ubahan bebek city cub.

Ini berlaku buat suspensi depan bebek model konvensional dengan link yang diaplikasi Honda C70, Honda C800, sampai Astrea Star. Untuk membuat braket ini ada beberapa cara yang bisa diaplikasi.

ÔÇ£Kalau di tempat kami biasanya pakai braket hasil kreasi sendiri. Untuk bahannya mengandalkan aluminium,ÔÇØ lanjut builder yang buka bengkel di Batas, Ciledug, Tangerang itu.


Jadi, braket yang ditawarkan Black Orchid Custom dari bahan aluminium dipasang di atas fork. Alas braket langsung dibaut pada mangkok fork. Sedangkan raisernya dibikin seperti lingkaran, jadi raiser yang mengikat setang hanya satu buah saja. ÔÇ£Untuk raiser setangnya di buat unik, modelnya bulat dibentuk mirip piston,ÔÇØ ujar Sis yang menawarkan satu set braket plus setang dengan harga Rp 300 ribuan.

Untuk mengkreasikan raiser tidak hanya berupa piston saja. Lingkaran bisa dibentuk model lain yang unik macam mahkota atau perangkat lainnya.

Tiap builder tentu punya cara yang berbeda bikin braket setang city cub. Seperti yang dilakukan bengkel Get Wheel Soon di bilangan Kramat Jati, Jakarta Timur. ÔÇ£Untuk tatakan bawah yang nempel pada bagian atas fork mengandalkan pelat besi. Lalu sebagai pegangan setang pakai raiser setang bawaan variasi,ÔÇØ jelas Jauwe sebagai buildernya.

Pelat sebagai tatakan diambil dari pelat besi yang tebalnya cukup 0,5 cm, jadi enggak terlalu tebal. Bentuk pelat sebagai braket raiser ini bisa dipilih modelnya, berbentuk bulat atau persegi. Lalu tinggal pilih raiser variasi yang modelnya beragam di toko aksesoris

Biar tampilan braket lebih manis, Jauwe mengatakan braketnyanya bisa dibentuk menutup celah ruangan antara bagian ujung sayap atas dan fork. Karena kalau pakai setang bawaan motor, lubang ini pastinya tertutup, biar tampilan bagian setang lebih rapi,ÔÇØ urainya.

Kalau enggak mau keluar banyak biaya bisa menempuh cara yang dilakukan Eko Luriyanto dari bengkel Awiwiw Custom. Untuk membuat dudukan setang bahan yang dipakai mengandalkan part dari bagian setang. Jadi, bagian braket setang disiasati dengan memanfaatkan mangkok pada bagian atas fork.

ÔÇ£Caranya pada bagian pangkal setang langsung di tanam dua buah baut mati. Begitu juga dengan mangkok dibikin lubang  yang ukurannya sesuai dengan baut yang sudah tertanam di setang,ÔÇØ tutup Eko yang buka bengkel di Jl. H. Ropiah, Bintaro, Jakarta Selatan.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.