Honda Supra Fit, Ini Mini Choppers Bro...

Motorplus - Sabtu, 22 September 2012 | 14:47 WIB


Judulnya bukan mobil nyentrik asal Inggris yang melegenda lewat film Mr. Bean. Tapi, ini benar Mini Choppers alias choppers dalam bentuk kecil bin imut. Dimensi Supra Fit yang asli bergenre bebek, dichop alias dipangkas menjadi choppers.

ÔÇ£Makanya perlu banyak penyesuaian dalam merombak sasis baru. Sebab rangka Supra hanya tersisa underbone-nya. Bagian lain seperti sasis belakang diubah total,ÔÇØ buka Jaka Permana, modifikator sekaligus bos JackÔÇÖs Garage (JG) di Purwokerto, Jawa Tengah.

Perhitungan dimensi menjadi sedikit rumit ketika aplikasi sasis sederhana khas bebek dipadukan desain ala chopper. Contohnya, penerapan sasis baru untuk bagian belakang dan konstruksi tengah.


"Titik berat bagian tengah saya pusatkan di bagian bawah jok depan. Sebab, saya memperhitungkan sisi handling agar motor seimbang antara bobot depan dan belakang. Makanya sasis pada bagian bawah jok diperkuat dengan pipa 22,5 mm agar kuat menopang beban rider,ÔÇØ papar modifikator gaul dengan rambut mirip aktor Andi Lau ini. Sedangkan sasis ke begian belakang lebih sederhana dengan material pipa serupa.

Konstruksi ini dinilai ideal. Itu karena urusan bodi lebih simpel. Apalagi motor milik Husein Budiman ini mau dipakai bukan untuk kebut-kebutan. Melainkan hanya buat jalan-jalan sore alias JJS saja.

Maka itu, semua serba simpel. Contohnya, bentuk tangki yang cuma menggantung pada bagian belakang sasis komstir dan juga nempel di dudukan jok.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: IRC Inoue 2,25 - 17
Ban belakang: Swallow 110/60-14
Sok depan: Honda GL 100
JG: 0857-2610-4555

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.