First Ride SYM GTS 250i EVO, Dimanjakan Beragam Fitur!

Motorplus - Selasa, 25 September 2012 | 19:48 WIB


Skuter yang satu ini, kini jadi flagship SYM di Indonesia. Sebagai model dengan kasta paling tinggi, sudah barang tentu spesifikasinya juga paling tinggi. Yang paling mengagumkan adalah fiturnya, bukan cuma banyak tapi super lengkap. Mudah-mudahan saja, tidak ada fitur yang terlewat dalam tulisan first ride kali ini.

Unit matik gambot ini kami dapat dari salah satu dealer PT Sanyang Industry Indonesia, ATPM SYM di tanah air, yaitu PT Sentra Karya Ekamegah (SKE). Main dealer SYM untuk area Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan ini membanderol SYM GTS 250i EVO dengan harga Rp 57  juta. Berminat? Lihat dulu review-nya, silahkan..

Desain dan Fitur

Proporsi bentuknya pas banget, gemuk dan lebar bodinya enak dilihat mata. Depan sampai belakang punya dimensi yang sama besar, ground clereance-nya yang tidak terlalu tinggi membuatnya terlihat ceper dan panjang. Makin mewah kan! Macam mobil sedan-sedan premium.


Kemewahan ini ditunjuang dengan beragam fiturnya. Dari safety hingga kemudahan akomodasi dan kenyamanan berkendara. Mari dirunut satu persatu. Mulai dari kelengkapan safety-nya. Dua lampu di depannya sudah terus menyala, bedanya di siang hari LED yang menyerupai alis menyala terang, tetap safety tapi tidak membutuhkan daya dari aki yang besar.

Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan hazzard serta lampu parkir. Lampu parkir ini digunakan ketika berhenti di pinggir jalan. Agar motor bisa tetap terlihat oleh pengguna jalan lainnya, tinggal pencet tombol yang terketak di samping tombol hazzard, tepatnya ada di bawah setang.

Perangkat safety lainnya adalah, sensor standar samping yang membuat mesin ogah hidup kalau belum terlipat dengan benar. Spion model tanduknya juga punya visibilitas baik, selain itu mudah disesuaikan posisinya hanya dengan menggeser kaca dengan tangan. Alarm juga jadi fitur standar motor ini. Mantab kan!

Lanjut, urusan akomodasi juga bakal bikin kaget. Di bawah jok ada bagasi ekstra lega, cara membukanya hanya dengan menekan tombol di setang sebelah kiri. Hanya dengan "klik", jok terangkat dengan sendirinya. Maklum joknya sudah dilengkapi hidrolis. Di dalam bagasi juga ada lampu, gelap enggak masalah bongkar-muat barang.


Bagasi yang lain ada di bawah setang yang sekaligus jadi tempat aki. Mau menyimpan hand phone ada konsol di samping kanan setang. Kalau masih kurang, ada lagi di tengah dek pijakan kaki. Awalnya mengira laci kecil ini sebagai tempat tutup bensin, ternyata bukan heheee..

Tutup bensinya diatur buka tutupnya lewat rumah kunci kontak, sekali putar ke arah berlawanan tutup tangki yang terletak dekat dengan kaki kiri langsung terbuka secara otomatis. Menjadi praktis karena, tutupnya sudah langsung dibuka lewat mekanisme per-nya. Pengendara juga enggak perlu turun dari motor saat isi bahan bakar.

Terakhir yang menjadi pusat perhatian adalah panel indikatornya yang super lengkap. Totalnya ada empat cluster utama, dua kanan dan kiri adalah speedometer dan takometer. Nih, jarang-jarang ada matik pakai takometer.

Yang tengah atas adalah indikator untuk beragam fiturnya, indikator lampu jauh, lampu parkir, sistem injeksi, kondisi oli, bahan bakar, oli mesin. Indikator standar samping sampai kalau jok belum terkunci dengan benar pun ada lampu indikator yang akan menyala.

Sedang yang tengah bawah ditampilkan secara digital untuk jumlah bahan bakar yang ada di tangki dan suhu mesin. Selain itu ada odometer, takometer dan indikator alarm. 


Handling
Secara dimensi memang gambot bro, tapi jangan khawatir meski bobotnya mencapai 173 kilogram tapi kaki bisa dengan ringan menahan motor.

Analisanya adalah karena bentuk jok yang meruncing ke atas dan dek pijakan kaki yang tidak terlalu lebar membuat kaki enggak perlu terlalu ngangkang. Efeknya rider berpostur 168 cm bisa menapakan salah satu kakinya dengan sempurna. Kekuatan kaki pun tetap maksimal.

Joknya tetap empuk, posisi ridingnya juga santai dan pinggang bebas pegal karena ada sandaran di bagian pinggang yang bisa disesuaikan kemiringannya. Nyaman abis bro! Fasilitas yang nyaman ini juga bisa dirasakan sang pembonceng, jok lebar dan sandaran sudah disiapkan.

Selain itu ada fitur menarik lainnya, untuk membuka footstep boncenger tidak perlu dicungkil, tapi injak saja tombolnya, maka pijakan kaki akan terbuka secara otomatis.

Dipakai meliuk dan menikung, wheel base 1.495 mm-nya terasa panjang. Untuk menekuk bodinya rebah di tikungan sempit terasa sulit. Bahkan bodi malah terasa melawan gerakan pengendara, mungkin sudut rake-nya terlalu lebar. Tapi di tikungan yang panjang atau ketika membuat lingkaran berdiameter lebar, terasa sangat nyaman. Remnya juga pakem, depan belakang sudah disk brake


Performa
Mesinnya hanya punya satu silinder, dengan ruang bakar 250,6 cc SOHC 4 klep. Meski kapasitas mesinnya besar, getaran yang sampai ke kaki tidak terlalu besar. Selain itu performanya diputaran bawah juga tergolong ringan, mengingat bodi gambot dan bobot yang lumayan berat.

Bukaan rambatan akselerasinya terasa halus, tidak terlalu menyentak tapi terus ngisi sampai putaran tengahnya. Atasnya? Maaf saja, belum di coba, pasalnya kondisi lintasan saat pengetesan kurang memadai.

Oiya, melanjutkan spesifikasinya, mesin ini sudah dilengkapi dengan pengabutan bahan bakar tipe injeksi dan memiliki pendingin radiator. Selain itu, motor yang standar emisinya sudah tembus Euro3 dan memiliki 4 klep ini juga memiliki material blok silinder yang istimewa, SYM menyebutnya dengan electroplated ceramic cylinder. (motorplus-online.com)

PT Sentra Karya Ekamegah: 021-8518888/93615914

Spesification
Type: 4-stroke,4 valves electroplated ceramic cylinder
Displacement: 250.6cc
Cooling System: Liquid
Fuel System: EFI
Transmission: C.V.T.
Regulation: EURO 3 / EPA / DOT / CARB
Front Suspension: Telescopic Fork
Rear Suspension: Unit Swing Arm With 5-way Preload
Front Brake: Disk 240mm
Rear Brake: Disk 220mm
Front Tire    : 110/90-13
Rear Tire: 130/70-13
Head Light (High/Low): 12V 55W/ 55W
L x W x H (mm): 2165x870x1380
Wheelbase (mm): 1495
Dry Weight (kg): 173
Fuel Capacity (liter): 12

Riding gear: ProRiders 021-57931965


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular