Ragam Pilihan Oli Matik, Dari Pabrikan Hingga Aftermarket

Motorplus - Selasa, 30 Oktober 2012 | 14:09 WIB
motorplus
Ragam Pilihan Oli Matik, Dari Pabrikan Hingga Aftermarket

motorplus
Ragam Pilihan Oli Matik, Dari Pabrikan Hingga Aftermarket

Sistem kerja mesin matik beda dengan manual. Perbedaan yang paling kentara dari sistem automatic adalah letak dari kopling yang nggak kerendam oli. Jadi tidak perlu takut terjadi selip. Seiring populernya skubek saat ini, produsen oli juga semakin banyak mengeluarkan varian oli khusus matik.


Disarankan untuk pengguna motor matik tetap menggunakan oli mesin khusus matik. Dalam kemasan oli khusus matik juga tertera tulisan JASO MB. Oh iya, JASO yang kepanjangan dari Japanese Automobile Standards Organization diklasifikasikan ada dua. Pertama JASO MA. JASO MA merupakan oli motor khusus untuk yang berkopling basah misal motor sport dan bebek.

Sementara JASO MB hanya untuk motor berkopling kering seperti skubek. Agar lebih jelas tentang oli mesin khusus matik ini silakan disimak lebih lanjut.

AMS OIL 4T SCOOTER

Dengan kekentalan Sae 10W-40 oli ini masih jarang ditemukan biker, karena produk ini masih import. "Tapi untuk kualitas dijamin baik, karena oli ini produk USA," kata Ida Nurwisah dari Toda di Jl. Radio Dalam Raya No.12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dengan budget Rp 218 ribu bisa ditebus dengan isi kemasan 946 ml.

MOTOREX SCOOTER
Oli ini banyak dicari oleh pengguna matik premium atau matic high class macam Piaggio LX125, X9, MP3 atau lainnya. Dengan SAE 10W-40 oli mesin ini bisa dijadikan pilihan untuk matik premium laiin seperti Honda PCX. Harganya Rp 118 ribu dengan isi 1 liter.

ENEOS CITY AUTOMATIC

Oli ini termasuk baru ada di pasaran. Dengan isi 0,8 liter bisa untuk matik Yamaha, Suzuki dan Honda. Produk oli asli Jepang ini memiliki kekentalan SAE 20W-40 dengan banderol hanya Rp 37.500.

Harga jual yang masih di bawah Rp 50 ribu diyakini cukup terjangkau. Tentunya juga bisa dijadikan solusi untuk mereka yang memang sedang mencari oli aftermarket pilihan.

motorplus
Ragam Pilihan Oli Matik, Dari Pabrikan Hingga Aftermarket
TOP 1
Oli aftermarket dari TOP 1 ini, juga paling banyak diburu. Selain itu tipenya ada tiga macam. Tiga pilihan ini semakin melengkapi kebutuhan pengguna matik akan pelumas. TOP 1 Action Matic dilego Rp 38.500. TOP 1 Action Matic SAE 10W-30 dengan harga Rp 39 ribu. Dan ketiga TOP 1 Action Matic dengan kekentalan SAE 10W-40 dan dibanderol sama, yakni Rp 39 ribu.

SUZUKI GENUINE OIL
Pelumas mesin khusus matik berlambang S ini dibanderol Rp 32 ribu. Isi kemasan yang ada 0,8 liter dan mempunyai viskositas SAE 10W-40 API Service SL JASO MB.

"Agar mesin lebih awet memang lebih baik pakai oli rekomendasi pabrikan," kata Ahmad Fajar dari Suzuki Mahkota Inti Jaya di Jl. AIPDA KS Tubun Raya No. 21, Jakarta Pusat

FEDERAL FLICK
Produk ini sebelumnya mempunyai kekentalan 10W-30. Tapi kalau yang terbaru dari Federal sudah mempunyai kekentalan SAE 10W-40. Pelumas mesin ini juga sudah banyak digunakan untuk beberapa motor matik.

Bisa untuk matik Honda, Yamaha dan lainnya. Harga jualnya lebih terjangkau Rp 34.500. Harga ini diklaim lebih murah dibanding oli lainnya.

motorplus
Ragam Pilihan Oli Matik, Dari Pabrikan Hingga Aftermarket
YAMALUBE MATIC
ÔÇ£Yamalube Matic Oil (YMO) memiliki viskositas 20WÔÇô40 dengan grade SJ. Cocok untuk semua matik Yamaha mulai dari Mio hingga Lexam,ÔÇØ yakin Robby Sidharta, Assistant Manager Spare Parts Division Yamaha Indonesia.

Yamalube Power Matic Oli (YPM) memiliki viskositas 10W-40 grade SL. Oli ini untuk performa misal Xeon. YMO Rp 28 ribu dan YPM Rp 31 ribu.

INDOMOBIL SUPERSYN
Indomobil Supersyn mempunyai viskositas 10W-40. Isi kemasan yang ditawarkan berkapasitas 1 liter. Walaupun harganya sedikit mahal dibanding Yamalube Matic, tapi pelumas ini masih banyak dicari karena mempunyai kualitas baik. Juga dipastikan cukup memenuhi kebutuhan matik dari Suzuki misal Spin, Skywave, Skydrive atau Nex. Harga Rp 41.500.

AHM OIL

Ini pelumas khusus untuk matik keluaran pabrikan motor berlambang sayap kepak atau Honda. Mempunyai kekentalan 10W-30 dengan harga jual yang masih di bawah Rp 50 ribu.

ÔÇ£AHM MPX 2 bisa dipakai untuk Honda Vario, BeAT, Scoopy dan matik Honda lainnya. Harganya Rp 35.500,ÔÇØ bilang Agus Nugroho dari Palmerah Motorindo di Jl. Palmerah Barat, Jakarta Barat. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.