Promo Akhir Tahun, Dongkrak Penjualan Sepeda Motor

Motorplus - Kamis, 29 November 2012 | 18:34 WIB


Akhir tahun jadi ajang jualan yang ramai untuk mengejar target penjualan motor. Sehingga tahun-tahun lalu banyak promo baik dilakukan pabrikan, main dealer maupun leasing.

Pada November tahun sebelumnya persaingan penjualan terlihat meriah. Tapi, tahun ini sepertinya masyarakat akan sedikit kecewa. Tidak banyak promo disodorkan untuk menaikkan jualan. Hal ini mungkin disebabkan event yang saling berdekatan antara Pekan Raya Jakarta (PRJ), lebaran dan yang terakhir Jakarta Motorcycle Show (JMS).

Ketiga event tersebut jadi primadona baik pabrikan maupun main dealer mengejar penjualan unit. "Tahun ini penjualan akan turun. Promo akhir tahun dilakukan untuk menarik konsumen," komentar Gunadhi Sindhuwinata Ketua AISI.

HONDA TERGANTUNG STOK DEALER

PT Astra Honda Motor (AHM) tahun ini tidak mengagendakan program khusus akhir tahun.  Tapi, secara wilayah program diserahkan kepada main dealer masing-masing. "Semua tergantung main dealer. Program disesuaikan dengan stok barang yang dimiliki dealer," terang Ahmad Muhibudin, Corporate Communication Manager PT AHM.

Sebagai main dealer Honda wilayah Jakarta-Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS),  promo akhir tahun ini  masih melanjutkan program yang dicanangkan 2 tahun lalu. Program itu pemberian asuransi kecelakaan kepada semua konsumen yang membeli produk motor Honda.

"Asuransi diberikan kepada semua pembeli Honda di wilayah Jakarta-Tangerang dengan pemberian kartu Cardplus. Setiap kejadian diasuransikan sebesar Rp 5 juta rupiah untuk korban meninggal," terang Wuryato Mulyono, Corporate Communication WMS.

Promo ini sekaligus sebagai wujud perhatian main dealer terhadap keselamatan berkendara. Selain asuransi Wahana juga memberikan cashback  untuk pembelian motor tipe bebek maksimal Rp 350 ribu. "Khusus pembelian 1 November hingga 31 Desember," ujar Sakti.

BAF PROMO HELM SPECIAL EDITION

Busan Auto Finance (BAF) sebagai perusahaan pembiayaan yang saat ini berkonsentrasi pada pembiayaan motor Yamaha. Untuk menarik konsumen pada penutupan tahun ini memberikan hadiah khusus buat konsumen.

Hadiah berupa satu helm yang dibubuhi tanda tangan juara dunia MotoGp 2012, Jorge Lorenzo. Helm ini berlaku bagi pembelian unit Yamaha Jupiter Z series dan Jupiter MX Series secara kredit melalui BAF.

Pihak BAF sendiri telah menyiapkan sebanyak 15.000 helm fullface untuk pencinta Yamaha Jupiter Z1 dan Jorge Lorenzo.

Promosi lainnya, khusus buat pembelian motor sport yang berlabel Pamor alias Program Motor Sport. Program ini menyasar pada konsumen yang tertarik dengan motor sport Yamaha. Bagi calon pembeli motor sport Yamaha, BAF memberikan bunga super ringan.

Syaratnya cukup dengan menunjukkan bukti kepemilikan telepon rumah atau ijazah kelulusan. Gampang kan. Info lengkapnya klik aja di www.baf.co.id.

SUZUKI PROMO SKUBEK TERBARU
Jelang akhir tahun Suzuki akan genjot jualan untuk mengejar target 7% dari market share pasar berjumlah 400 ribu unit.  Berbagai cara ditempuh, salah satunya memberi keringanan lewat program uang muka.

Yang terbaru matik sporty Suzuki yang mirip skubek retro, Suzuki Let's. Sebagai produk terbaru, Yohan Yahya, GM 2W Marketing & Bussiness Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebutkan promosi tidak hanya dilakukan di seputaran biker, tapi juga pada dunia olahraga. Seperti turnamen sepok bola se-Asia Tenggara pada ajang AFF Suzuki Cup 2012 yang bergulir akhir bulan nanti di Malaysia dan Thailand, Suzuki jadi sponsor utama gelaran ini.

YAMAHA KERJASAMA DEALER - LEASING
PT Yamaha Motor Manufacturing (YMM) pabrikan motor Yamaha, tidak memberikan program khusus akhir tahun. Potongan harga diberikan dari pihak leasing.

Dinamika Motor, dealer Yamaha di Jl.  Meruya Ilir No. 37, Jakarta Barat bekerja sama dengan beberapa leasing memberikan potongan uang muka untuk konsumen yang membeli secara kredit. Potongan uang muka antara Rp 500 ribu-800 ribu. ÔÇ£Stok yang masih ada seperti Mio J Teen diskon DP Rp 800 ribu," terang Dewi, bagian sales PT Dinamika Motor.  Sedangkan untuk pembelian secara cash hanya diskon Rp 150 ribu-200 ribu.

FIF DISERAHKAN MASING-MASING CABANG
Sebagai lembaga pembiayaan, menurut Sari Bayurini dari Maketing Communication PT FIF di Jl. TB. Simatupang, Jakarta Selatan, program akhir tahun bukan jadi program nasional FIF. "Program nasional biasanya menjelang lebaran. Karena tren daya beli masyarakat pada bulan-bulan ini meningkat," ujar Sari. Tapi, program akhir tahun diserahkan kepada cabang masing-masing.

Program yang sampai saat ini berjalan di cabang bekerja sama langsung dengan dealer-dealer. Seperti pengurangan uang muka. Pengurangan antara Rp 500 ribu hingga Rp 1  juta tergantung ketersediaan stok barang masing-masing dealer. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.