Kymco Easy, Anti Mati Gaya

Motorplus - Selasa, 11 Desember 2012 | 18:19 WIB


Perlahan tapi pasti, pemilik skubek Kymco bakal mati gaya. Penjualnya atau APM-nya sudah gulung tikar beberapa tahun lalu. Alhasil banyak motor yang telantar karena kelangkaan spare part. Pemilik motor harus putar otak buat berburu komponen dan mempercantik motornya.

ÔÇ£Kalau bagian mesin enggak masalah, masih banyak mekanik jago yang bisa tangani dengan part subtitusi. Nah, buat part bodi ampun deh susah dicarinya,ÔÇØ kesal Yuswan, pemilik Kymco Easy lansiran 2003.

Apalagi bodi motornya yang terbuat dari plastik ABS itu saat ini sudah ÔÇÿlecekÔÇÖ lantaran dimakan usia. Beruntung Yuswan kenal Wardoyo, builder dari bengkel G2C. ÔÇ£Dia minta bodinya diubah total mengikuti tampilan Honda Ruckus,ÔÇØ jelas builder yang buka bengkel di Gandul, Limo, Cinere, Depok.

Memang desain Honda Ruckus yang tampilannya seperti Honda Zoomer ini paling aman karena dari pabriknya besutan ini minim pemasangan bodi alias telanjang. Karena hampir 80% dari motor mengekploitasi rangka. ÔÇ£Basic frame Kymco isi juga masih mendukung untuk tampil bergaya Zoomer,ÔÇØ lanjut Wardoyo yang asli wong Jowo itu.


Makanya tahap awal proses pengerjaan fokus pada rangka dulu. Mulai dari komstir sampai ke bawah dek dan dudukan mesin asli Easy masih bisa dipakai. Sisanya rangka penopang jok sampai dudukan suspensi harus dibikin baru.

Pipa besi baru ini dibentuk  menyerupai tekukan sasis Zoomer yang simpel. ÔÇ£Rangka bagian atas yang menopang jok sengaja dibikin knock down sesuai tampilan aslinya,ÔÇØ jelas Wardoyo yang mengandalkan baut L buat pengikatnya.

Seperti bodi Rukus yang aslinya, areal di bawah setang dibikin tabung yang multi fungsi. Jadi, pipa komstir dibungkus bodi yang berfungsi sebagai penampung bahan bakar, sedangkan bagian muka ditempel dua headlamp yang jadi ciri Ruckus.

Sedangkan dek untuk menutupi rangka bawah ditutup pelat besi yang pastinya sudah dibentuk rapi. Motode yang sama juga diaplikasi pada cover yang dipasang di bawah rangka belakang.

Bagian sepatbor depan dan belakang juga dibentuk mirip tampilan Ruckus standar. Sedangkan setang masih pakai kemudi aslinya. ÔÇ£Cuma bekas breket bodi pada setang dipapas biar tampilannya clean,ÔÇØ tutup Wardoyo yang masih pakai knalpot bawaan Easy.

Wah, kalau dipasang pelek gambot bakal lebih keren nih..!. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban belakang: Swallow 100/70-12
Ban depan: Swallow 110/80-12
Sepatbor depan: Custom
Headlamp: Variasi
Jok: MB-Tech
G2C: (021) 46427753

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.