Arti Warna Asap Knalpot, Putih Jika Oli Terbakar

Motorplus - Senin, 24 Desember 2012 | 11:11 WIB


UsrokxBakri salah satu anggota MOTOR Plus Reader. Berikut punya pertanyaan. Mau nanya ni.,.,. kalo Yamaha Vega.,.,pas hidup keluar asep putih dari knalpotnya, kenapa ya.,.???

Kalau melihat warna asap putih masalahnya bisa ditebak. ÔÇ£Asap putih terjadi apabila terdapat pelumas atau oli mesin yang terbakar,ÔÇØ jelas Bang Jay alias Zaenudin dari Eka Jaya Motor di Poris Paradis, Tangerang.

Oli mesin masuk ke ruang bakar disebabkan beberap faktor. Pertama, bisa jadi akibat seher dan boring sudah oblak banget. Membuat oli tidak bisa tersapu ring seher. Akibatnya oli ikut terbakar. Solusinya harus oversize, atau ganti seher yang lebih besar.

Atau bisa juga karena ring seher yang sudah lemas atau loyo. Membuat daya tekan ke silinder sudah tidak maksimal. Oli mesin di dinding liner bisa tidak tersapu bersih oleh ring.

Asap putih dari moncong knalpot, bisa juga akibat sil klep sudah loyo atau mengeras. Dampaknya oli nyelonong ke ruang bakar batang lewat klep. Akhirnya oli ikut terbakar dan berkurang kapasitasnya. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular