Utilitas Kunci Jok, Dirawat Agar Bagus dan Tetap Enak Dipakai

Motorplus - Kamis, 10 Januari 2013 | 10:14 WIB


Desain dan teknologi rumah kunci kontak terus berkembang. Berawal dari sistem pengaman di kunci setang, kini motor rakitan sekarang menggunakan fitur pengaman sistem magnetic di lubang kunci kontaknya. Sehingga di kunci kontak bukan cuma ada mata kunci biasa, tapi juga mata kunci magnetic.

Karena banyak model, enggak heran jika tiap pabrikan motor menerapkan model mata kunci magnetic bermacam bentuk. Adanya yang posisi rumah magnetnya di tengah, bahkan ada juga ada yang posisinya di samping kanan atau kiri. Namun semua punya fungsi sama, yaitu membuka penutup lubang kunci.

Lantaran bentuk mata kunci magnet sangat beragam, tidak disangka kalau desainnya justru malah menyulitkan pemilik motor saat akan membuka jok. Terlebih lagi jika posisi lubang kunci jok yang ada di bodi belakang, berada tepat diantara jok, behel belakang, lampu sein dan bodi buritan yang cenderung cembung pada jenis motor tertentu.

Contohnya Honda Spacy, Scoopy dan Yamaha Fino. Kebetulan rumah lubang mata kunci jok tunggangan bukan cuma ada di belakang, tapi juga ada di bagian yang cukup sulit.

Sehingga bila pemilik motor terburu-buru dan salah mengarahkan mata kunci ke rumahnya, biasanya mata kunci dari besi dan berujung tajam akan membuat bagian komponen di sekitarnya mudah tergores. Apalagi jika mata kunci dikasih gantungan bermaterial keras juga berat.


ÔÇ£Makanya  agar bagian luar enggak gampang tergores, baiknya lebih hati-hati saat akan memasukkan mata kunci. Selain itu jangan dikasih banyak gantungan kunci bermaterial keras yang dapat menggesek dan menggores permukaan bodi atau komponen di sekitarnnya. Apalagi jika di beberapa tipe motor, mata kuncinya justru sangat dekat dengan cover bodi,ÔÇØ ujar Petrus J. Edison modifikator builider A2M.

Cuma kalau memang tetap ingin menggunakan gantungan, saran Petrus pastikan pilih yang tidak bikin repot saat akan memasukan mata kunci. Sehingga fungsi kunci kontak magnetic tetap mudah digunakan dan yang pasti tampilannya bagus terus meski sudah lama dipakai.

Adapun kiat menghindari bodi lecet banyak caranya. Selain harus hati-hati saat akan memasukkan mata kunci kontak, kalau pakai gantungan pilih bahan yang ringan macam kain, plastik atau karet. Dan kalau bisa pilih ring penghubung kunci dengan gantungan ukuran kecil. Atau kalau mau lebih aman lagi, bodi atau komponen yang sangat dekat dengan rumah kunci jok baiknya diberi alias dilapisi stiker transparan. Sehingga bagian yang mudah tergores lebih aman karena ada pelindungnya.

ÔÇ£Dan kalau digabung dengan kunci roda atau kunci lainnya, paling aman jika mata kunci dilapis pakai plastik atau slang bening. Bahkan jika ingin modal sedikit, semua kunci dimasukkan ke dompet khusus kunci kontak yang banyak dijual. Itu jauh lebih aman,ÔÇØ imbuh pria yang buka workshop di Jl. Muchtar Raya, Jakarta Selatan.

Bisa Diperbaiki Asal?


Jika memasukkan mata kunci kontak model magnet kerap dipaksa, akibat yang timbul mata kunci magnetik mudah terkikis, gampang slek sampai enggak bisa dibuka karena posisinya melenceng. Alhasil, penutup lubang mata kunci kontak enggak bisa dibuka.

Makanya biar awet pastikan posisi mata kunci magnetic saat akan membukanya. Pastikan juga di bagian mata kunci magnet enggak ada kotoran (pasir) melekat. Jika kotor, khawatir mata kunci enggak fungsi sempurna, bahkan kerap bergesek yang berisiko rumah magnet rusak.

"Kalau rumah magnet rusak dan menyebabkan magnet terlepas masih bisa diperbaiki,ÔÇØ pesan Nazarudin dari Udin Kunci di. Jl Pejuangan, sisi selatan tol Kebon Jeruk (depan Foodhall), Jakarta Barat. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular