Injeksi Yamaha Xeon RC, Pakai Throttle Body 28 mm

Motorplus - Jumat, 11 Januari 2013 | 11:51 WIB


Sistem injeksi Yamaha Xeon RC mengusung teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Teknologi yang dibuat untuk mesin kecil Yamaha, khususnya matik. Sebelumnya, sudah diaplikasi pada Yamaha Jog Ciao di Taiwan, Yamaha Fiore di Thailand dan Yamaha Mio J di Indonesia.

"YMJET-FI ini memiliki mekanisme dua saluran udara yang berbeda. Makanya, di throttle body-nya terdapat dua throttel valve atau dua katup kupu-kupu," buka Bayu Astyawanto, dari Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ketika idle atau gas ditutup, dan pada putaran rendah maka hanya katup pertama yang terbuka. Katup pertama ini menyalurkan udara lewat saluran udara tambahan di luar intake manifold. Udara ini langsung dihantarkan ke dekat injektor. Fungsinya untuk menciptakan atomisasi gas bahan bakar yang lebih halus.

Baru ketika membutuhkan tenaga lebih dan putaran gas dibuka makin dalam, maka katup kedua di throttle terbuka lebar. Udara akan masuk seperti biasa lewat lubang di throtle body.
 
"Tapi bedanya dengan Mio J, diameter lubang throttle body pada Xeon RC jauh lebih besar, yaitu 28 mm," jelasnya. Ukuran ini sama saja seperti throttle body yang diaplikasi pada Yamaha V-Ixion. Tentunya suplai udara di putaran atas jadi lebih besar.


Didukung 6 Sensor
Pihak Yamaha mengklaim sensor-sensornya lengkap. Sama seperti injeksi pada matik Yamaha yang lain. Yaitu terdiri dari Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CPS), Coolant Temperature Sensor (CTP) dan O2 sensor.

"Kalau di Mio J ada Engine Temperatur Sensor, di motor ini diganti dengan Coolant Temperature Sensor karena sudah menggunakan radiator. Sensor ini menyatu dengan thermostat," terang Bayu ketika ditemui di sela sesi test ride Yamaha Xeon RC di Sirkuit Karting Sentul, Bogor.

Untuk mengatur idle atau langsam, motor ini sudah dilengkapi dengan Idle Speed Solenoid (ISC) untuk mengaturnya secara otomatis. Sedang Electronic Control Unit alias ECU-nya sama seperti New V-Ixion yang dilengkapi dengan 33 pin.

"Berkat aplikasi injeksi bahan bakar ini, konsumsi bahan bakar Yamaha Xeon RC jadi lebih hemat hingga 20 persen bila dibandingkan dengan versi karburatornya," tutup Bayu. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.