Benahi Indikator Bensin Bermasalah, Biar Enggak Dorong Bro!

Motorplus - Selasa, 5 Februari 2013 | 11:36 WIB


Karena indikator bensin di panel spidometer bermasalah, tak sedikit dari bikers yang ÔÇÿdikerjaiÔÇÖ. Sebab, kondisi bensin di tangki sudah tak aktual. Bensin kosong, diinfokan penuh!

Kejadian ini sempat dialami Brader Wahyu Sarwoko yang hampir tiap hari rolling thunder Sragen-Semarang, Jawa Tengah. Kejadiannya saat berangkat ke Semarang untuk bekerja, tiba-tiba motor Honda Supra X125-nya mogok. Setelah dicek indikator bensin, masih setengah.

Lalu, dicek pengapian juga masih bagus. ÔÇ£Sempat bingung juga. Tapi, ketika buka jok dan tutup tangki bahan bakar, ternyata kosong,ÔÇØ beber ayah satu anak ini.

Tak tunggu lama lagi, akhirnya indikator bensin yang telah membuatnya pusing itu dibongkar buat cari penyebab kerusakan. ÔÇ£Sebelumnya harus tahu dulu cara kerja dari indikator bensin itu. Indikator ini, bekerja berdasarkan variabel resitor yang ada di dalam tangki,ÔÇØ katanya.


Variabel resistor digerakkan pelampung yang mengikuti tinggi-rendah permukaan bensin di dalam tangki. Sebenarnya, indikator bensin digital atau yang model jarum, prinsip kerjanya sama. Kerusakan, biasanya pada kontak variabel resistornya yang ada di dalam tangki.

ÔÇ£Variabel resistor jadi rawan rusak karena seringnya terjadi gesekan. Sehingga, disitu akan terjadi keausan,ÔÇØ bebernya. Variabel resistor juga akan rawan terhadap kotoran, karena jeleknya kualitas bahan bakar yang dipakai.

Langsung saja, pria yang juga berprofesi sebagai Guru SMK ini memberikan trik bagaimana mengatasi indikator bensin yang ngaco. Pertama, lepaskan variabel resistor indikator bensin yang ada di tangki.

Caranya, lepaskan pelat pemegang unit variabel resistor indikator bensin dari tangki. Selanjutnya lepas juga konektor kabelnya. Jika punya multi-tester, bisa diketahui langsung keausannya dengan mengukur hambatan yang dihasilkan dari pergerakan pelampung.

Saat pelampung digerakkan ke atas, berarti posisi ini dimana bahan bakar yang ada di tangki penuh. Karena, hambatannya kecil. Begitupun saat digerakkan ke bawah, berarti posisi tangki kosong karena hambatannya besar.

Mengatasinya, bisa semprot kontak variabel resistor pakai cairan pembersih kerak. Sambil disemprotkan, gerakkan pelampung hingga kotoran yang menempel di kontak bisa terangkat dan lepas.

Jika kontak sudah melebar yang menyebabkan persinggungan sudah tidak sempurna, bisa sedikit menekan ke dalam lengan pelampung sehingga persinggungan kembali sempurna. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.