Honda CB 125, CB Yang Berubah Jadi Tiger

Motorplus - Minggu, 10 Februari 2013 | 16:39 WIB


Romantisme jadul dan keingin punya motor high performance,  memang jadi dambaan bro Erwin, pemilik bengkel bertajuk Wiens Motor di Bambu Apus, Jakarta Timur.

ÔÇ£Keseharian saya memang main motor, terutama motor-motor gede seperti Harley-Davidson, Hayabusa juga moge Jepang lain,ÔÇØ buka Erwin. Nah lho, kok malah custom Honda CB 125? ÔÇ£Iya, ini untuk daily riding bro, ringkas, ringan dan kecil,ÔÇØ elak bro yang juga menjual part-part dan peranti limbah moge ini.


Oakley deh! Yang jelas doi memang doyan modifikasi. CB kesayangannya ini ia ubah total. ÔÇ£Bore up jadi 200 cc, sama plek dengan Honda Tiger,ÔÇØ tambahnya lagi. Lewat kapasitas 200 cc, Erwin lantas konsen ke desain motor yang diinginkan. ÔÇ£Kebetulan saya suka desain sporty, makanya dipilih gaya caf?® racer,ÔÇØ tambahnya lagi.

Genre caf?® racer terbilang praktis. Tak seperti choppers yang harus potong sasis, Erwin bisa membiarkan sasis standar termasuk rake original di motornya. Langkah customized ada di peranti-peranti pendukung saja. Hebatnya, tangki harus agak panjang dan besar, sampai sedikit melebihi bodi tengah sasis atas.

ÔÇ£Dicari-cari, tangki KZ 200 lansiran 83ÔÇÖ ke atas jadi pilihan. Tangki ini  punya style panjang dan menekuk di bagian belakang. Meski slim tapi ada nuansa cruiser, muat bensin banyak,ÔÇØ aku brother yang dibantu customizer keren Tom Psycocustom.


Setelah tangki dirasa ideal, ia terus ke belakang. Bisa ditebak, caf?® racer menganut single seat dan buntut hornet di bagian belakang. ÔÇ£Di sini eye cathing ada dipaintingnya. Tom menorehkan nuansa pop art mendekati freehand kartun untuk motor ini,ÔÇØ katanya lagi.

Teknik gambar Tom asyik untuk diapresiasi. Kemampuan drawingnya boleh diacungi jempol, ia cukup rapi menorehkan beberapa figure di buntut dan tangki. Freehand juga gak terlalu banyak. Tapi, gabung dengan grafis agar nuansa motor sportnya nggak hilang.

Setalah itu, Wiens dan Psycocustom mulai melirik sektor detail dan kaki-kaki. Bagian depan, mereka sreg dengan sok ukuran sedang milik Scorpio untuk mendampingi sok belakang variasi merek Showa Jepang.

ÔÇ£Khasnya caf?® racer, pijakan kaki nggak bisa lagi di mesin. Tapi, ala underbone ke belakang. Posisi duduk memang jadi nunduk abis. Saat kali pertama dicoba, setang terlalu nunduk. Agar sedikit lebih nyaman, posisinya dibuat agak lebih tinggi sesuai postur. Ternyata, memang nyaman,ÔÇØ tuturnya.. Brm..brmÔǪ.. (motorplus-online.com)


DATA MODIFIKASI
Ban depan: Dunlop 90/80-17
Ban belakang: Dunlop 120/60-17
Knalpot: Made By Wiens Motor
Sok depan : Yamaha Scorpio
Sok Belakang: Showa

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.