Servis Tombol Starter, Cegah Mogok Ditekan

Motorplus - Kamis, 14 Februari 2013 | 15:34 WIB


Pada usia atau kondisi tertentu, pegas di balik tombol elektrik starter bisa saja enggak berfungsi. Apalagi musim hujan dan banjir seperti sekarang. Air campur debu ditambah karat bisa bikin tombol elektrik starter nggak mau ditekan saat digunakan. Padahal kelistrikan normal.

Biar tak sering pakai engkol, mending bersihkan bagian yang berkarat pakai cairan pembersih macam contact cleaner. Kebetulan tak ada kandungan minyak juga tidak mudah terbakar, lantaran part yang mau diservis mesti terkoneksi dengan kelistrikan. Makanya fungsi cariran hanya usir debu pada kabel dan peralatan elektronik sehingga lebih aman.

Untuk benerin tombol electric starter biar nggak macet, caranya buka cover atau batok lampu. Tentu masing-masing motor beda dicara buka. Namun percaya, rata-rata sudah pada bisa. Setelah dibuka akan kelihatan tuh per kotor dan berkarat.

Jangan nunggu lama, segera semprot bagian yang kotor pakai cairan contact cleaner. Tunggu beberapa saat hingga cairan menguap. Kalau perlu pakai angin kompresor biar cepat menguap. Setelah bersih, susun kembali per dan cover seperti semula.

Nah, sekarang siap kembali ditekan dan nggak perlu lagi main engkol karena sudah kembali tokcer. Pastinya juga, proses yang dilakukan ini tak makan waktu seharian dong. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.