Bikin Pembuka Jok Otomatis, Cukup Tekan Tombol

Motorplus - Rabu, 13 Maret 2013 | 11:47 WIB


Fitur mudah untuk membuka jok. Tinggal pencet tombol langsung jok terbuka. Nah, fitur seperti ini seperti diterapkan pada Honda Scoopy FI, Honda PCX 125 dan 150. Juga, di Honda Vario Techno 125 PGM-FI.

Tujuannya, memudahkan rider untuk buka-tutup jok ketika mau ambil dan menaruh barang di bagasi. Atau, ketika ingin mengisi bahan bakar. Jadi, tak perlu lepas anak kunci dan mencari lubang kunci yang biasanya berada di sisi samping.

Tapi, bukan mau jumawa apalagi nyombong nih! Fitur begitu sudah diterapkan Ary Rochman Wibowo di Honda Vario modifikasi milik Didik Adi. Asyiknya, bukaan jok pada Vario Didik ini bisa smooth banget membuka. Maksudnya, jok terbuka perlahan ketika tombol pembukanya dipencet. Sepintas bukaan jok itu model elektrik.


ÔÇ£Maunya memang begitu, namun sebetulnya itu full manual,ÔÇØ bangga Arex, sapaan punggawa Akaboncu Modified, Kartasura, Solo, Jawa Tengah. Arex bertutur lagi, intinya tips begitu hanya memindah sistem bukaan jok asli bawaan Honda Vario. Atau, memodifikasi sistem bukaan jok yang sudah ada.

ÔÇ£Bila mau membuka jok, kita pasti gunakan kunci kontak. Itu kuno, ah. Nah, peranti bukaan jok itu kita ganti dan enggak pakai kunci lagi. Dalam hal ini, menggunakan pemantik api rokok di mobil, atau biasa disebut lighter. Ketika pemantik itu kita tekan, jok pun terbuka,ÔÇØ bebernya.


Mau ikut bikin? Nah, peranti yang digunakan, perlu disiapkan sebelumnya. Yaitu, lighter. Lalu, kabel gas skubek. Untuk kabel, bekaspun ora masalah. Selanjutnya, sokbreker hidraulis variasi. Tapi, Arex mewanti! Jangan gunakan hidrolis bukaan pintu belakang mobil. Terlalu kuat tekanannya! Selain itu, bobotnya juga berat, bro.

Proses singkatnya, yang pasti membongkar rangkaian kunci jok asli bawaan motor. Lalu, menentukan letak tombol bukaan jok. Untuk Vario, posisinya pada tebeng tengah, sejajar kontak. Tepatnya bagian kiri. Kenapa di situ,

ÔÇ£Karena bila bagian tebeng depan dibuka. Di situ sudah ada rangkaian pelat dudukan tebeng. Nah, pelat itu bisa pula dimanfaatkan untuk dudukan lighter,ÔÇØ potong modifikator bertubuh irit itu.

Jadi, kini tinggal lubangi tebeng bodi bagian itu saja. Besaran lubang, sesuaikan besar rumah pemantik api. Setelah lighter terpasang, kabel gas yang telah disiapkan, dirangkai sedemikian rupa. Arex kembali menerangkan, kabel itu yang menghubungkan bukaan jok di depan dengan mekanis pembuka jok bawaan motor yang memang letaknya ada di belakang.

Setelah itu, nepel kabel gas dipasang atau dikunci pada ujung pemantik api. Supaya bisa terpasang, sebelumnya dibuatkan dudukan pelat yang dilas pada ujung pemantik api. Jadi, ketika tombol pemantik didorong, otomatis, kabel gas akan tertarik untuk membuka jok. Nah bukaan jok akan smooth karena itu tadi. Ya, adanya pemakaian dari 1 unit sokbreker hidraulis.

Menurut Arex, soal biaya pembuatan ÔÇÿfitur pembuka jok otomatisÔÇÖ ini hanya sekitar Rp 200 ribuan. Dan, sejatinya bisa diaplikasi tak hanya di skubek. Tapi, bisa pula pada motor bebek yang ruang bagasinya lebar. Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasi dengan Arex di nomor hape 0856-4724-0023. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.