Suzuki Nex, Mau Gusur Dominasi Mio di Road Race?

Motorplus - Minggu, 17 Maret 2013 | 16:00 WIB


Di event bertajuk Kejurda Road Race Open yang diadakan di Serang-Banten awal 2013 lalu, nyempil sesosok Suzuki Nex yang dipacu Asep Bedhun. Racer tim CLD Empush Jet Up Appry Yostar ini turun di kelas 150 open. Niatnya, mematahkan dominasi Yamaha Mio.

"Ubah Nex ini untuk bisa bisa bersaing dengan skubek lain, bukan perkara mudah. Langkah awal bore up jadi 150 cc," papar Mansuri, mekanik tim ini.

Ngomongin soal bore up. Nex dijejali piston Kawasaki Blitz Joy 125 diameter 57 mm. Lalu, diikuti naik stroke 1,5 mm. Agar kuat, boring standar diganti produk aftermarket. Kapasitas engine naik jadi 148,4 cc dengan perbandingan kompresi 13,6 : 1. Bahan bakar, pakai Pertamax Plus. Spek segitu, masih aman saat scruutinering.

Lanjut di head silinder. Lubang inlet ikut diporting, agar pasokan bahan bakar dari Mikuni TM 28 bisa lancar. Kucuran gas bakar segar ke ruang bakar, diatur klep in 28 mm dan sisa gas buang dikeluarkan klep 24 mm. ÔÇ£Untuk mengatur buka-tutup klep, durasi kem dibikin 272 derajat (in) dan 273 derajat buat ex," jelas pria Betawi tulen ini.

Agar engine lebih ngacir, roller dibikin ringan. Cukup adopsi roller 7 dan 8 gram yang dibikin silang. Kemudian per CVT pakai yang 2.000 rpm. ÔÇ£Saat di trek lurus bisa cepat nusuk, ÔÇ£beber Push, sapaan Mansuri. Wah, bawa pisau ya? he,he,he.

Tapi Dewi Fortuna masih belum berpihak pada Asep Bedhun. Padahal saat race pertama, Nex ini sudah bertenger di posisi pertama. Tapi, karena terjatuh saat final race, jadi hanya finish di podium kedua. Masih ada seri berikutnya!. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban: Indotire 90/80-14
Karburator: Mikuni TM 28
Knalpot: CLD
Pengapian: CDI BRT super Pro
Roller: CLD 7 dan 8 gram
 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.