Bebek Trail Crosscub CC110, Konsep Segala Medan

Motorplus - Senin, 18 Maret 2013 | 19:22 WIB


Sebagai salah satu negara paling maju secara teknologi, Jepang terbukti tetap hormat pada sejarah. Sampai di dunia otomotif pun begitu, Honda yang merupakan salah satu raksasa otomotif di Jepang enggan melupakan sejarah sepeda motor tipe bebek atau cub.

Hingga saat ini beragam model cub masih tetap dipasarkan di Jepang, bahkan salah satu yang terbaru dari Honda dipamerkan di Osaka Motorcycle Show 2013. Yaitu bebek dengan konsep trail, wow!

Meski wow, tapi sebenarnya ini bukan benar-benar bari. Jika melihat ke belakang, Honda pernah meluncurkan bebek trail CT105T Trail 55 pada tahun 1963 sampai 1965. Tapi jelas beda dong, kalau yang ini versi modern. Nama untuk motor baru yang masih prototipe ini adalah Crosscub CC110.



Mesinnya satu silinder SOHC 109 cc, mesin 4 tak ini dilengkapi 2 katup dan transmisi semi otomatis layaknya bebek kebanyakan. Kalau mesin, sebenarnya mirip-mirip sumber tenaga Honda Revo di Indonesia, tapi yang menarik adalah bentuknya.

Desainnya yang simpel dan menggunakan ban pacul jalanan berukuran 2,75-17 di kedua roda mengisyaratkan kalau motor ini mampu melibas jalan aspal sekaligus lintasan tanah. Agar kokoh, bagian rangka dilengkapi down tube yang sekaligus menjadi pelindung mesin ketika masuk ke medan tak ramah.



Lampu depan yang dilengkapi dengan cover besi dan rak dudukan barang membuatnya terlihat makin kokoh sekaligus fungsional. Makin fungsi, pipa gas buang dibuat menjulang ke atas bebas banjir.

Jika melihat desainnya yang bukan trail kompetisi, kemungkinan motor ini lebih cocok diperuntukan untuk tugas-tugas khusus seperti pemadam kebakaran atau Kepolisian. Kalau dijual di Indonesia cocok gak nih? (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.