Alat Tes Busi, Deteksi Bunga Api

Motorplus - Sabtu, 27 April 2013 | 11:31 WIB


Kondisi busi baru bisa dirasakan performanya setelah terpasang pada bagian kepala silinder. Memang sistem pengapian pada motor seperti busi sulit untuk diukur, masih bagus atau saatnya sudah harus ganti sulit  dipastikan.

Paling mudah dengan mengamati kondisi kepala busi, apakah sudah ada yang cacat pada bagian keramik. Atau, dengan melihat percikan bunga api dari elektrodanya sudah redup atau masih besar. Tentunya, ketika motor diengkol lewat kick starter.

ÔÇ£Tetapi, lompatan bunga api yang besar belum tentu masih ideal untuk dipakai. Karena bunga api yang bocor dari kepala busi tidak bisa dilihat,ÔÇØ ujar Budi Budi Hananto, mekanik dari bengkel Gurkha Motor Work.

Apalagi untuk motor dua silinder atau motor yang pakai busi lebih dari satu, bila ada salah satu busi yang enggak meksimal kerjanya bakal sangat terasa pada putaran mesin. Kata lainnya, mesin jadi terasa pincang. Karena kinerja pembakaran tidak sempurna di ruang bakar. Atau dari gejala suara mesin yang nembak-nembak, itu bila kondisi busi sudah parah.


Paling aman mengetahui kondisi busi melalui alat tester seperti yang dimiliki bengkel Gurkha Auto Work.  Spark plug tester mepermudah kita dalam menganalisa kondisi piranti pemantik api tersebut.

ÔÇ£Pakai spark plug tester dengan mudah dapat mengetahui kondisi busi dari lompatan bunga api yang terjadi di elektroda busi. Masih normal atau sudah tidak baik,ÔÇØ ujar Budi yang bengkelnya terletak di Jl. Antasari No. 68B, Jakarta Selatan.

Selain itu alat yang dimiliki Gurkha Auto Work ini juga bisa megetahui bocornya loncatan bunga api. ÔÇ£Tinggal letakkan saja busi pada rumah busi di alat tersebut setelah sakelar arusnya dinyalakan. Bila busi bocor percikan api tidak fokus pada elektrodanya melainkan meyebar ke bagian bodi busi,ÔÇØ lanjut Budi lagi.

Tidak hanya itu, peranti ini juga dilengkapi dengan perangkat pembersih kotoran bagian kepala busi. ÔÇ£Bagian dalamnya terdapat pasir besi yang dapat disemprotkan dengan tekanan tinggi. Jadi, seluruh bekas karbon pembakaran yang ada di areal kepala busi bisa bersih,ÔÇØ urai Budi.

Nah, tentunya brother enggak mau ada kendala di jalan karena busi dong. Terbayang kalau kejadiannya di malam hari dan jauh dari bengkel yang buka. Pastinya, kudu dorong. Kecuali, ada busi cadangan dan tentunya kunci busi juga. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.