Antisipasi Sinyal Lampu Sein Dari Kendaraan Lain

Motorplus - Selasa, 28 Mei 2013 | 13:52 WIB


Apa yang Anda pikirkan saat melihat lampu sein kanan kendaraan di depan Anda menyala ? Umumnya pasti akan langsung mengambil inisiatif menggerakan kendaraan kita ke kiri atas dasar keyakinan bahwa kendaraan di depan pasti akan bergerak ke kanan.

Apakah kejadian di atas itu pasti? Ketika sein kanan kendaraan menyala apakah pasti kendaraan tersebut akan bergerak ke kanan? Pernah melihat kendaraan dengan sein kanan menyala tapi justru bergerak ke kiri? Atau pernahkah melihat kendaraan dengan sein kanan menyala tapi justru tidak lantas berbelok tapi tetap melaju ke depan ? Inilah fakta yang ada di lalu lintas Indonesia.

ÔÇ£Isyarat atau sinyal lampu sein masih multitafsir. Terkadang ada kendaraan yang memberikan lampu sein ke kanan bukan sebagai sinyal untuk belok kanan, tetapi memberitahu kendaraan di belakang untuk tidak menyalip karena di arah berlawanan juga ada kendaraan yang sedang melaju,ÔÇØ kata Andry Berlianto, instruktur safety riding dari Jakarta Road Survival.

Lalu, sebagai pengendara yang mementingkan aspek keselamatan, apa langkah antisipasi yang harus kita lakukan untuk merespon sinyal lampu sein? Yang pertama adalah asumsikan sinyal lampu sein yang diberikan kendaraan di depan berfungsi semestinya, lalu ambil sikap hati-hati sambil menunggu pergerakan yang pasti dari kendaraan di depan.

ÔÇ£Bisa juga lakukan komunikasi menggunakan klakson atau lampu untuk menarik perhatian kendaraan di depan seolah bertanya pergerakan apa yang akan diambil kendaraan di depan, ini dilakukan bila pengendara di depan tampak ragu-ragu dalam melakukan pergerakan,ÔÇØ jelas Andry.

Yang terakhir, jika sudah ada gelagat pergerakan yang pasti (bergerak atau berbelok), ambil keputusan terbaik berdasarkan pergerakan yang sudah ada.

Dengan memahami langkah-langkah tadi, setidaknya kita dapat menghindari potensi kecelakaan dan meminimalisir kemungkinan timbulnya keributan dengan pengendara lain bila terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan sinyal lampu sein.

ÔÇ£Yang pasti, sebagai pengendara yang cerdas, kita harus selalu responsif dan antisipatif terhadap berbagai situasi di jalan raya. Termasuk dalam mengantisipasi sinyal lampu sein dari kendaraan di depan kita,ÔÇØ tutup Andry. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.