Ganti Karet Kopling Ganda Honda Vario, Usir Laju Tersendat

Motorplus - Selasa, 4 Juni 2013 | 11:26 WIB


Sobat pemilik Honda Vario, sempat atau sedang alami gejala tersendat kala ingin berjalan dengan skubek kesayangannya itu? Gejala itu, muncul ketika grip gas diputar di rpm rendah.

Tenaga seolah enggan beranjak naik meski sesat. Jika itu yang dialami, sobat usah khawatir. Bisa saja problem itu disebabkan dari karet bantalan kopling ganda atau kopling otomatis yang mulai aus.

ÔÇ£Keausan itu bisa disebabkan dari panas yang dihasilkan CVT. Akibatnya, karet pun lama-kelamaan jadi keras atau getas. Tetapi jarang getas, kalau keras iya,ÔÇØ sebut Sahrudin dari Clara Motor di Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Karena karet menjadi keras, akibatnya redaman yang dihasilkan bantalan itupun menjadi tidak sempurna. Akibatnya, berimbas ke kinerja kopling yang membukanya menjadi tidak merata.

Sebenarnya, untuk mengatasi gejala ini tergolong murah dan cepat kok. Sobat hanya perlu keluarkan uang Rp 6 ribu buat beli tiga rubber clutch damper ini. Ya, satu bantalan ini dijual Rp 2 ribu. Tapi, karena satu set kopling ganda butuh tiga karet damper, ya sobat kudu beli tiga dong.

ÔÇ£Biasanya, penggantian karet bantalan ini dilakukan bersamaan ketika mengganti kampas kopling ganda. Prosesnya jadi sekalian dalam satu langkah kerja,ÔÇØ tambah Sahrudin yang ramah.

Rubber clutch damper ini tak hanya diaplikasi di vario saja lho. Tapi, di semua skubek Honda juga pakai. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.