Pasang Ring Piston, Perhatikan Ring Kompresinya!

Motorplus - Rabu, 5 Juni 2013 | 11:28 WIB


Memasang ring seher di piston enggak boleh sembarang. Terutama, di pacuan 4-tak. Itu karena piston ini memiliki dua ring kompresi dan satu ring oli atau pelumasan.

ÔÇ£Ada perbedaan antara ring kompresi 1 dan ring kompresi 2. Jika salah dalam menentukan mana yang ring kompresi 1 dan mana yang ring kompresi 2, fungsi yang diharapkan dari pemasangan ring tersebut tidak akan terpenuhi,ÔÇØ buka Sukma Tjatur salah satu instruktur yang ada di VEDC Malang.

Meskipun sama berfungsi memampatkan kompresi di ruang bakar, tapi tiap ring punya peran berbeda. Ring kompresi 1 yang permukaannya rata, berfungsi menekan dinding silinder sehingga kompresi tak bocor.

Ring kompresi 2, permukaannya lebih menyudut. Selain berfungsi menjaga kerapatan, juga berfungsi membersihkan sisa lapisan minyak atau oli yang ada di dinding silinder. Sehingga bisa menghindari oli terbakar yang menyebabkan keluarnya asap putih dari knalpot.

Ketika pasang ring kompresi, jangan menempatkan celah ring pada satu titik. Karena hal itu akan akibatkan terjadinya kebocoran kompresi. Selain itu, tidak boleh juga menempatkan ujung ring kompresi pada celah ujung cincin oli.

ÔÇ£Tempatkan ujung-ujung ring kompresi sehingga membentuk sudut 120 derajat. Perhatikan juga kode di ring, tetap di atas ya,ÔÇØ wanti Sukma.   (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.