Kawasaki Luncukan Pulsar 200NS dan Z800 Akhir Pekan Ini?

Motorplus - Rabu, 5 Juni 2013 | 14:18 WIB


Undangan dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) masuk ke meja redaksi. Isinya undangan untuk menyaksikan peluncuran motor barunya pada tanggal 7 Juni 2013 mendatang di Pekan Raya Jakarta (PRJ). Sayangnya tidak dijelaskan secara gamblang motor apa yang akan dilaunching.

Meski begitu, berbagai sumber dari pabrikan berwarna hijau ini membisikan sedikit bocoran. Totalnya ada 2 model baru sekaligus yang akan dikenalkan.

Yang pertama adalah moge 800cc. Wah apaan ya? Mungkin yang dimaksud adalah moge streetfighter Z800. Motor ini punya desain mirip Z250, tapi secara performa, mesin 4 silinder segarisnya jauh lebih bertenaga.

Satu lagi adalah model yang bikin heboh, Pulsar 200NS. Motor sport ini akan dijual oleh Kawasaki sebagai bagian dari kerjasamanya dengan Bajaj Auto asal India. Namun belum jelas juga kerjasama penjualannya sampai sejauh mana. Apakah menggunakan merek Kawasaki atau merek yang lain. Begitu juga dengan namanya, apakah masih menggunakan nama Pulsar atau ada pilihan nama yang lain.

Motor ini sudah sangat dinanti kehadirannya di Indonesia. Selain desain yang benar-benar baru, Bajaj Pulsar ini punya mesin anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm.

Mesin yang kabarnya masih mirip dengan KTM Duke 200 ini memiliki satu silinder berpendingin air. Jadi sudah dilengkapi dengan radiator, cirinya di blok silindernya sudah tidak ada lagi sirip pendingin.

Tapi konstruksi kepala silindernya masih SOHC, sedang KTM Duke 200 sudah DOHC. Meski SOHC, punya empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus.

Suplai bahan bakar yang deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar langsung dipantik oleh tiga busi sekaligus. Teknologi tiga busi ini kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakar Pulsar 200 NS ini lebih hemat.

Yuk kita tunggu bersama update-nya! (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular