Ini Detail Kerjasama Kawasaki dan Bajaj di Indonesia

Motorplus - Jumat, 7 Juni 2013 | 21:32 WIB


Kerjasama Kawasaki dan Bajaj di Indonesia akhirnya resmi dilakukan. Dan ternyata, kolaborasi kedunya sudah bukan yang pertama kali dilakukan. Kedua pabrikan ini sudah melakukan banyak kerjasama sejak tahun 1985 silam.

"Dan pada 2004, Kawasaki-Bajaj memulai kerjasama penjualan di Philipina," buka Mitsuhiko Okada, Marketing Director PT Kawasaki Motor Indonesia.

"Tahun lalu (2012), Kawasaki Heavy Industri dan Bajaj Auto membuat kesepakatan melakukan kerjasama di Indonesia," lanjut pria humoris ini.

Di Indonesia, kerjasama keduanya terbatas pada penjualan dan jaringan after sales. Produk Bajaj dijual di Indonesia lewat jaringan penjualan Kawasaki di Indonesia. Jadi, produk Pulsar 200NS ini bisa ditemui di jaringan dealer Kawasaki di seluruh Indonesia.

"Kami melakukan penjualan serta menerima service dan menjamin spare part Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS," jelas Okada San. "Tapi produk Bajaj yang lain, kami tidak terima. Hanya Pulsar 200NS saja," yakinnya.

Meski begitu, Kawasaki tidak memasarkan produk Bajaj begitu saja. Serangkaian perubahan sesuai dengan permintaan Kawasaki Indonesia juga dilakukan. Seperti quality control yang ternyata meski diproduksi di India, tapi tetap dilakukan oleh Kawasaki India sesuai permintaan Kawasaki di Indonesia.

Kedepannya Okada juga mengakui tidak menutup kemungkinan kerjasama Kawasaki-Bajaj akan beranjak ke level yang lebih lanjut. Seperti melakukan perakitan Pulsar 200NS di fasilitas perakitan Kawasaki di Indonesia.

"Kita masih lihat, jika penjualannya bisa stabil 1.000 unit tiap bulan dan konsisten, bukan tidak mungkin akan dirakit di Indonesia," bebernya. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular