Jajal Yamaha Force Dari Tegal Sampai Slawi, Enteng di Tanjakan!

Motorplus - Senin, 24 Juni 2013 | 15:50 WIB


Kesempatan menjajal bebek low entry Yamaha Force kembali dirasakan oleh OTOMOTIFNET untuk kali kedua. Kali ini lebih istimewa karena bisa jalan-jalan di kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (22/6). Turing ini dilakukan bersama 10 unit Yamaha Force yang telah disediakan Yamaha Indonesia.

Rute perjalanan dari pusat kota Tegal menuju kawasan wisata pemandian air panas Guci telah dipersiapkan guna menguji ketangguhan Yamaha Force. Impresi awal yang dirasakan adalah soal kenyamanan. Dengan setang yang lebih panjang 10 mm dan tinggi 30 mm dari  Yamaha Vega ZR, posisi duduk Yamaha Force jadi lebih tegak. Lebih nyaman pastinya, apalagi untuk riding jauh!

Jarak dari Plaza Hotel tempat kami menginap ke kawasan Guci di Slawi berjarak sekitar 25 km. Untuk menuju ke sana, perjalanan ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Selain posisi duduk yang lebih tegak, jok Yamaha Force yang dibuat lebih lebar terasa cukup menopang tubuh rider.  

Kenyamanan juga didukung oleh kemampuan suspensi depan teleskopik dan suspensi ganda di belakang yang terasa empuk saat Force melintasi jalanan tidak rata.

Menuju ke pemberhentian pertama di salah satu dealer Yamaha di Slawi, kami menemui cukup banyak jalanan berlubang. Tak jarang rider harus cekatan menghindari lubang-lubang tersebut. Di sinilah rider merasakan handling Yamaha Force yang sebenarnya.

Bodi Yamaha Force tergolong lincah diajak bermanuver! Makin asyik, bobotnya yang ringan menambah kemudahan berkendara. Berat isi motor ini hanya 93 kg, ternyata memberikan kemudahan terhadap pengendalian Yamaha Force.


Eces Taklukan Jalan Menanjak
Memasuki Kecamatan Slawi, perjalanan mulai menantang karena dihiasi tanjakan dan tikungan. Bagi pengendara dengan bobot tubuh 60-70 kg, rasanya tak ada kendala berarti saat melahap kondisi jalan seperti ini.

Mesin 4 tak satu silinder SOHC berkapasitas 115 cc terasa cukup bertenaga. Saat di tanjakan, torsi maksimal sebesar 9,53 Nm diputaran 5.500 rpm memang cukup mumpuni. Terutama saat transmisi berada di gigi 1 sampai 3. Namun, rider tetap harus bisa menjaga momentum agar tidak kehilangan torsi.


Setelah satu jam perjalanan, rombongan pun tiba di pemandian air panas, Guci. Dari perjalanan singkat itu, tentu saja pihak Yamaha mendesain motor ini untuk segala kebutuhan. Penambahan ukuran panjang jok tadi misalnya, akan memudahkan pengendara saat menempatkan barang bawaan di jok.

Kemampuannya ini juga didukung dengan bobot Yamaha Force terbilang ringan. Motor seharga Rp 13,3 juta ini juga dibekali mesin 115 cc berteknologi injeksi yang memberikan torsi melimpah. Asik cuy!  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular