Usir Gas Nyangkut di Kawasaki Ninja 150 RR, Turunkan Pilot Jet

Motorplus - Rabu, 17 Juli 2013 | 13:43 WIB


Bro, buat yang nunggang Kawasaki Ninja RR, pasti ada yang sering dibuat pusing dengan kendala gas nyangkut. Biasanya, masalah ini muncul setelah si pemilik mengganti knalpot standar dengan model racing yang diikuti dengan penyesuaian pilot jet. .

Saat awal pemasangan, biasanya motor masih anteng, nggak ada kendala apa-apa. Namun saat kondisi mesin dan cuaca dingin, atau habis terkena hujan, kendala baru muncul

ÔÇ£Kendala ini memang biasa muncul pada Ninja RR yang mengusung karburator Mikuni MV28 bawaan. Maka jangan heran kalau banyak penunggang Ninja RR yang menggantinya dengan karburator Keihin PE28 atau PWK 28,ÔÇØ kata Deny , punggawa D&Y Motorsport di Jl. Raya Kali Mulya, Depok, Jawa Barat.


Namun mengganti karbu bukan jalan satu-satunya. Masih ada obat lain untuk menyembuhkan penyakit si ÔÇÿNininÔÇÖ ini. Selain beberapa tips seperti melubangi skep karburator untuk membuang uap air yang mengendap, bisa juga menambahkan per untuk memperlancar mekanis naik turun skep.

Selain itu, Deny juga punya trik jitu. Selain skep, Deny juga mengatakan pilot jet bisa menjadi biang keladi masalah skep nyangkut. ÔÇ£Terlalu besar ukuran pilot jet, juga bisa membuat skep nyangkut,ÔÇØ ujar Deny.

Solusinya gampang, tinggal ganti aja pilot jet dengan ukuran lebih kecil. Karena biasanya saat mengganti knalpot ke tipe racing, banyak pengguna yang terlalu besar meningkatkan pilot jet. Akibatnya, putaran bawah menjadi lebih basah.

ÔÇ£Cukup turunkan pilot jet 1 step, contoh dari 27,5 ganti dengan ukuran 25. Jangan lupa seting ulang udara, dijamin masalah hilang. Sebaiknya, pakai ukuran spuyer yang sesuai merek karbu. Karena pilot jet aftermarket terkadang memiliki ukuran lubang yang berbeda, meski ukuran yang tertera sama,ÔÇØ tutur Deny.

So, buat bro sekalian yang masih mengalami masalah skep nyangkut di Ninin kesayangan, mangga dicoba tips yang satu ini. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.