ABS Nissin Bermasalah, Ninja 250R Ikut Kena Recall

Motorplus - Kamis, 18 Juli 2013 | 13:35 WIB


Baru seminggu yang lalu, sistem anti lock brake system (ABS) Honda CTX700 dan CTX700N ke recall karena modulator ABS bermerek Nissin ini bermasalah. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika Serikat menemukan adanya perangkat ABS yang tidak dapat berfungsi menjaga roda tidak terkunci pada saat melakukan pengereman.

Ternyata kasus yang sama juga terjadi pada beberapa motor lainnya, pasalnya sebagai vendor penyedia perangkat ABS, komponen ini banyak digunakan oleh pabrikan motor lainnya. Seperti dilaporkan motorcycle.com, pabrikan lain seperti Suzuki dan Kawasaki.

Kawasaki juga telah dilakukan recall untuk 940 unit Ninja 250 ABS. Bahkan dikhawatirkan akan terjadi pula pada Ninja 300 ABS. Selain Kawasaki, Suzuki di Kanada juga telah melakukan recall untuk Hayabusa. Pabrikan lain seperti Harley-Davidson, Yamaha dan Triumph diperkirakan akan mengalami hal yang sama.

Pasalnya, perangkat ABS dari Nissin ini diklaim memiliki keunggulan pada ukuran yang lebih kecil yang pada akhirnya membuat banyak pabrikan motor menggunakannya. Bobotnya hanya 631 gram atai 60 persen lebih ringan dari perangkat sebelumnya.

Semoga saja di Indonesia tidak ada kampanye recall gara-gara ABS. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.