Substitusi Part Kymco Trend SR 125, Pakai Part Honda Vario

Motorplus - Minggu, 4 Agustus 2013 | 14:00 WIB


Sobat pemilik Kymco pasti rada-rada bingung kalau motornya bermasalah. Hilangnya dealer-dealer resmi Kymco di Tanah Air mulai 2008, membuat masalah tersendiri bagi para pemilik motor bermerek ini.

Namun, sobat enggak perlu takut lagi. Menurut Suparman, mekanik bengkel spesialis Kymco di Jl. Kh. M Yusuf Raya No. 95, Depok, Jawa Barat, banyak part Kymco yang bisa disubstitusi dengan motor Jepang. ÔÇ£Beberapa part Kymco Trend SR 125 yang bisa menggunakan part Honda Vario,ÔÇØ ucapnya.



ROLLER
SR 125 memiliki roller yang sama persis dengan Honda Vario 110. Masalah harga, tidak jauh berbeda antara produk ori Kymco dan produk ori Honda. Hanya, milik Honda lebih mudah dicari.

Selain itu, roller aftermarket Honda Vario lebih banyak dengan beragam ukuran yang ditawarkan. Jadi buat yang butuh setting roller buat tambah akselerasi atau top speed, bisa lebih gampang.

KOPLING GANDA

Jika ada masalah dengan kopling ganda SR 125, anda masih bisa menggantinya dengan milik Vario. Namun untuk part yang satu ini harus satu set. Enggak bisa kalau mau ganti kampasnya saja.

ÔÇ£Nggak bisa terpisah, soalnya damper punya Vario lebih pendek dibanding punya Kymco. Jadi, susah buat dikolaborasi. Namun kalau diganti satu set, ya tinggal plek aja,ÔÇØ sebut mekanik yang menamai bengkelnya Service Motor Station (SMS).

PER CVT
Part yang bertugas memberikan tekanan terhadap pulley ini, sama dengan milik Vario. Tinggal pasang saja. Banyaknya pilihan part aftermarket dengan berbagai merek dan ukuran, menjadi keuntungan sendiri yang dimiliki Honda Vario dan bisa diaplikasi di SR 125.

SIL OLI
Suku cadang yang satu ini mungkin masih mudah ditemui. Namun bagi pemilik Kymco, menggunakan sil oli buatan Honda bisa jadi pilihan jitu, karena part Honda dijual lebih murah dibandingkan produk ori Kymco.

ÔÇ£Lumayan hemat dan lebih gampang dicari. Sil oli Kymco biasanya dijual Rp 20 ribu untuk satu buahnya. Tapi sil Honda, di pasaran cuma dibanderol Rp 5-10 ribu. Dan, lebih gampang dicari,ÔÇØ ucapnya. Untuk sil kruk as SR 125 bisa mengadopsi sil magnet kepunyaan Vario. Buat sil as kopling, juga bisa pakai.

KAMPAS REM BELAKANG
Kampas rem, part fast moving yang tentu lebih sering dicari. ÔÇ£Sebenarnya, kampas rem belakang Vario punya diameter sekitar 2 mm lebih kecil dibanding kampas rem Kymco. Tapi, masih bisa dipasang kok, awalnya kurang pakem, tapi setelah digunakan beberapa saat akan bekerja normal,ÔÇØ tambah mekanik yang bisa dihubungi di HP. 0812-999-3916. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.