Komparasi Fitur dan Teknologi Pulsar 200NS VS Duke 200

Motorplus - Rabu, 14 Agustus 2013 | 12:24 WIB


Yuk, kembali meneruskan membandingkan KTM Duke 200 dan Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS. Dua motor ini sama-sama datang dari India. Karena sama-sama dirakit di fasilitas produksi yang sama, juga gosipnya dikembangkan bersama antara tim dari KTM dan Bajaj Auto. Jadi menarik kalau keduanya kami sandingkan!

Sebelumnya, keduanya sudah dibandingkan soal desainnya (klik di sini) . Kini saatnya melihat detail fitur dan teknologi kedua motor ini. Ada harga ada rupa, begitu kata orang. Tapi kenyataan ini sangat mencolok pada Duke 200 yang dijual Rp 58,5 juta dan Pulsar 200NS yang dilepas Rp 23,3 juta.


Mesin
Tampak luar mesin kedua motor ini mirip! Crank case-nya tidak terlalu besar tapi blok silindernya lurus mirip mesin-mesin trail special engine. Namun isinya berbeda. Duke 200 menggunakan konstruksi kepala silinder DOHC dengan 4 klep. Menggunakan pendingin air dan pasokan bahan bakarnya sudah injeksi. Untuk transmisinya punya 6 percepatan.

Sedang Pulsar 200NS masih SOHC tapi sudah 4 klep, rocker arm pada motor ini dibuat bercabang sehingga satu camshaft atau rocker arm mampu menekan empat klep sekaligus. Bajaj sepertinya sengaja tidak memilih konstruksi DOHC tapi tetap menjejalkan teknologi multi spark yang menjadi ciri khas pabrikan asal India ini, di motornya anyarnya ini ada 3 busi lho! Pengabutan bahan bakarnya masih karburator tapi sama seperti Duke 200, sudah menggunakan pendingin air dan transmisi 6 kecepatan.


Panel Indikator
Panel indikator kedua motor ini terbilang lengkap. Panel indikator di atas lampu utama Duke 200 tampak mungil tapi sudah full digital. Saat pertama kali putar kunci kontak ke posisi on langsung muncul tulisan "ready to race". Semua panel, mulai dari petunjuk kecepatan dan putaran mesin ditampilkan secara digital.

Info lain yang bisa didapat adalah waktu berkendara, kecepatan rata-rata, suhu mesin, konsumsi bensin rata-rata, peringatan standar samping, indikator tegangan, tekanan oli, posisi gigi, shift light dan interval waktu perawatan mesin.

Satu lagi, sama seperti MID mobil. Ketika bensin sudah ada di posisi E, tripmeter akan langsung menunjukan jarak yang bisa ditempuh dengan bahan bakar yang tersisa. Jadi bisa kira-kira tanpa takut kehabisan bensin.

Pada Pulsar 200NS lebih sederhana, tampilan digital cuma pada sisi sebelah kanan. Isinya ada indikator bahan bakar, speedometer, odometer, tripmeter, jam digital, indikator standar samping dan indikator interval service. Lainnya ditunjukan dengan tampilan analog dan lampu. Untuk detail indikator Pulsar 200NS silahkan klik di sini .


Rangka dan Kaki-Kaki
Ini yang paling bikin beda. Duke 200 sudah pakai upside down WP suspension di depan, lalu swing arm belakangnya pakai alumunium. Keren, desain konstruksi penguat yang biasanya ada di sisi dalam, malah ditaruh di luar, makin menguatkan kesan gagah!

Rangkanya tipe turbular dan sudah menggunakan pelek lebar. Depan 3 inci, yang belakang 4 inci. Pelek lebar ini dipadu dengan ban gambot 110/70-17 di depan dan 150/60-17 di belakang. Anehnya, meski kelihatan lebih gambot, berat motor ini cuma 125 kg saja! Sedang Pulsar 200NS mencapai 145 kg, kualitas material enggak bohong bro!

Sedang Pulsar 200NS menggunakan rangka deltabox, tapi bukan casting seperti kebanyakan deltabox moge. Para Pulsar 200NS mirip sasis monocoque pada mobil. Terbuat dari lempengan plat yang dijadikan satu. Bajaj menyebutnya "perimeter pressed-steel".


Kaki-kakinya dikawal suspensi teleskopik 37 mm di depan dan monosok ber-piggy-back reservoir di roda belakang. Swing arm-nya terbuat dari besi kotak dengan setelan rantai mirip motor trail, ehmmm atau mirip juga dengan V-Ixion lama. Ukuran bannya, 100/80-17 di depan dan 130/70-17 untuk yang belakang. Remnya sama-sama sudah double disk, kalipernya pakai Bybre juga! Anak perusahaan Brembo untuk motor-motor low end.

Meski sama-sama dari India dan dikembangan bersama-sama antara Bajaj dan KTM dengan platform yang sama, soal aplikasinya di pasar, keduanya masuk ke segmen yang berbeda. Bajaj konsen ke pasar yang lebih ekonomis. Meski begitu, soal performanya, enggak terlalu beda jauh! Penasaran tunggu ulasan berikutnya! (motor.otomotifnet.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.