Awas!!! V-Belt Putus Pulley Bisa Kena Imbas

Motorplus - Kamis, 12 September 2013 | 13:40 WIB

Karena terbuat dari bahan karet, v-belt alias sabuk penggerak puli juga rentan putus. Parahnya, kerusakan yang diakibatkan belt putus juga bisa berimbas pada kerusakan part lain dibagian CVT. Nah lho!

Umumnya, kerusakan akan merembet kebagian lain jika sabuk itu tidak terputus sempurna. Karet belt akan melilit ke as pulley yang bikin pulley ikut rusak.

“Apalagi kalau posisi melilitnya saat kecepatan tinggi. Tarikan belt yang kuat, bisa bikin as pulley bengkok, dan pulley juga rusak,” ucap Titut Winarto, Kepala Mekanik Wahana Motor Gunung Sahari, Jakarta Pusat.


Penyebab belt bisa putus atau terlilit sendiri cukup beragam. Faktor yang sering terjadi karena usia belt yang melebihi batas pemakaian. Yakni, 20.000 km. Biasanya karet akan getas, dan banyak retakan di sela gerigi belt yang membuatnya semakin mudah putus. Atau, belt pernah terendam air dan kering sehingga lama-kelamaan menyebabkan getas. Atau belt palsu.

Faktor lainnya as pulley berkarat dan keringnya laher pulley. Ini membuat gerakan pulley berat dan tidak lancar. Imbasnya kerja belt yang bertugas sebagai pemindah daya dari mesin ke roda akan semakin berat kerjanya, ini juga yang menyebabkan belt mudah putus. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.