Adopsi Footstep Variasi

Motorplus - Kamis, 3 Oktober 2013 | 08:31 WIB

Kaki boncenger bisa lebih nyaman dan aman

Kala boncenger naik di Piaggio Zip, banyak yang mengeluhkan kalau footstep standar kurang mumpuni. Pasalnya, pijakan kaki yang terbuat dari plastik dan menyatu dengan bordes depan terlalu kecil. Sehingga kaki kurang nyaman, ditambah lagi body Zip melebar ke kanan-kiri, alhasil makin susah tuh kaki napak ke footstep.

Buat sobat pembesut Piaggio Zip bisa tempuh jalan adopsi footstep variasi untuk manjakan boncenger. Siapkan uang Rp 40-50 ribu untuk tebus pijakan variasi ini. Atau kalau mau aplikasi footstep standar bebek juga boleh, soal harga juga enggak beda jauh. Cara pasangnya, diwajibkan bikin breket sandaran kaki tadi. “Pemasangannya siapkan pelat besi tebal 9 mm dan lebar 25 mm,” bilang Condro, dari bengkel KMS yang sering dapat orderan bikin footstep ini.

Footstep variasi dibanderol Rp 40-50 ribuan

Potong pelat besi tadi dengan panjang 25 cm, jumlahnya 4 keping. Dua keping untuk kiri dan dua keping untuk kanan. Bentuk keduanya menyerupai huruf V, ujung bawah V dibuatkan dudukan footstep variasi. Untuk mesangkan ke rangka, sebaiknya bikinan dudukan breket V menggunakan pelat tebal yang sama. Cukup 3 cm dilubangi sesuai lubang baut 14. Lalu, ujung atas juga ikut diberi lubang untuk mengikat breket V ke rangka tadi, finishing ikat menggunakan baut 14.

Usahakan breket step terpasang di ujung bordes pijakan asli. “Waspada saat pemasangan breket footstep sebelah kiri. Jangan sampai menutupi baut cover CVT. Jadi, usahakan cek dulu posisi sebelum memasang,” wanti Condro, yang punya bengkel di Jl. Raya Panjang, No. 20, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kalau ogah ribet siapkan saja budget sekitar Rp 250 ribu, tau beres dan rapih. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular