Ini Logikanya Pedrosa Jatuh

Motorplus - Jumat, 11 Oktober 2013 | 18:11 WIB

Kontol traksi yang mudah lepas jika terjadi senggolan

Dani Pedrosa jatuh di lap ke-5 MotoGP Seri XIV di sirkuit Aragon dua minggu lalu (29/9), disinyalir akibat kabel traction control di swing arm tunggangan Pedrosa lepas setelah kesenggol Marc Marquez. Meski sudah lewat peristiwanya, tapi menarik jika dicari logika teknisnya.

Logikanya, apa benar yang membuat Pedrosa jatuh gara-gara kontrol traksi? Apalagi, jatuhnya bukan saat bersenggolan. Tapi, terjatuh ketika mau keluar tikungan dengan posisi Pedrosa tarik gas full throttle. Nah, biar tahu lebih dan lebih tahu mending sampeyan intip dulu pengertian traction control supaya paham apa fungsinya.

Pengertian traction control (TC) atau kontrol traksi adalah perangkat yang digunakan untuk menyeimbangkan perputaran roda depan dengan roda belakang. Perangkatnya diintegrasikan dengan ECU motor dan bisa mengatur bukaan gas sesuai kemiringan motor. Walaupun rider asal betot gas, selama kemiringan ban masih dalam sudut toleransi, dijamin pembalap tidak akan jatuh. TC yang sifatnya robotik mereduksi kesalahan pelintir gas.

Dari pengertian itu, bisa kesimpulan jatuhnya Pedrosa. Begitu kabel TC di swing arm lepas saat masuk tikungan, Pedrosa gak sadar. Begitu mau keluar tikungan main betot gas saja. Tenaga motor 990 cc dengan torsi melimpah membuat Honda RCV213 geberan Pedrosa tak terkendali tanpa direduksi TC. Itu yang membuat Pedrosa terpelanting.

Dan kalau mau dapat info lengkapnya soal teknologi traction control (TC), mending baca lagi deh Tabloid MOTOR Plus edisi 763 halaman Motorace ya, Bro. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.