Honda GL100 Yusuf Diakui Builder Dunia

Motorplus - Selasa, 22 Oktober 2013 | 21:26 WIB

Bikin geger dunia modif Tanah Air! Itulah M. Yusuf Adib Mustofa asal rumah modifikasi Semangat Putra Motor (SPM), Purwokerto, Jawa Tengah. Karyanya bikin ikut gelaran Kustomfest 2013 di Jogjakarta (5-6/10).

Honda GL-100 kreasinya mampu jadi yang terbaik dalam 3 kelas. Yaitu, kategori Best Custom Bike Show, Best Custom Honda dan yang paling dahsyat jawara di kelas Main Class FFA. Yang bikin rame lagi, builder beken disapa Yusuf ini menyisihkan peserta-peserta lain dari rumah modifikasi besar dan dasar basic motor besar lain seperti H-D dan moge.

Swing arm Triumph Bonenville. Perpaduan setang dan headlamp yang klasik

Bahkan, juri Kustomfest dari Amerika Roland Sands pun dibuat terpukau. Artinya, garapan Yusuf bukan garapan biasa, namun memiliki kelas seni tersendiri.

Permainan bodi, menyasar konsep cafe racer. Namun ciri khas budaya Indonesia sangat menonjol pada motor milik builder dari gerai modif di Jl. Sultan Agung No. 8 Karang Klesem, Purwokerto, Jawa Tengah.

Moncong knalpot unik

Kelir merah-putih, mewakili Indonesia. Lalu, sebagai orang Jawa tulen, Yusuf ingin menonjolkan budaya Jawa. Grafis Wayang kental terasa di bodi. “Kisahnya tentang Dewa Krisna,” cuap ayah dari Nada Fitria Ramadhani ini. (www.motorplus-online.com)

 

Semi Radial Engine

Ubahan paling extreme gaya mesin W dengan 3 silinder sejajar memakai material dari Mio Sporty. Mulai blok silinder hingga silinder blok, lengkap berikut mekanisme rocker arm dan kem. “Sengaja memakai komponen yang mudah dicari sparepartnya, ganti komponen enggak perlu sulit. Apalagi saya turing lintas pulau,” cuap builder yang udah tes W engine sampai Bengkulu PP ini.

Ditopang tiga karburator

Tiap blok silinder bersudut 55 derajat. “Dengan sudut 55 derajat, getaran minim dan halus. Malah disebut mesin semi radial. Kalau radial murni, ada 5 silinder. Seperti mesin pesawatterbang kuno,” jelas Yusuf sembari bilang total kapasitas mesin jadi 600 cc. Karena tiap silinder kombinasi piston Honda Tiger dan setang piston Yamaha Jupiter MX 135 bikin volume silinder jadi 200 cc

 

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Indotire 120/70-17
Ban belakang : Dunlop 190/50-17
Sok depan : Honda CBR 600
Sok belakang : Suzuki GSX 250
SPM : 0857-4706-4611
 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.