Modifikasi : Honda CBR1000RR Fireblade Repsol Edition 2011 Jakarta, Jatuh ke Satu Hati

Motorplus - Selasa, 19 November 2013 | 12:46 WIB

Yuri. Ingin serius ikut balap

Prestasi tim Repsol Honda di gelaran seri Moto GP 2013 cukup memukau banyak fans balap motor prototipe ini. Termasuk di Tanah Air. Duet maut Dani Pedrosa dan Marc Marquez bikin Yuri jatuh hati pada si Satu Hati alias Honda. Sampai-sampai Honda CBR1000RR keluaran 2011 milik salah satu anggota Free Biker Community ini bela-belain dimodif ala Honda RCV213V kedua racer Honda MotoGP tersebut.

Bukan cuma tampilan, tetapi performanya juga ikut dicolek. Namun bukan buat kebut-kebutan di jalan, lho. Melainkan di sirkuit resmi. “Dulu pakai Yamaha R1 2012 untuk track day di sirkuit Sentul. Memang lebih kencang Yamaha R1, tetapi agak sulit dikendalikan. Makanya saya beralih ke CBR1000RR Repsol Edition,” buka pria yang punya hobi nge-gym ini.

Monosok Ohlins TTX Mark 2, maknyus!

Pada tampilan, supaya eye catching dan lebih bernuansa balap, seluruh fairing dan kondom tangki ditukar dengan model race yang berbahan plastik. Bukan fiberglass. Pengerjaan bodywork, dipercayakan ke Layz Motor di bilangan Kedoya, Jakarta Barat.

Sementara sektor lainnya, Yuri percayakan ke Top Setup Kuztom Garage (TSKG) di bilangan Meruya, Jakarta Barat. Oleh TSKG, suspensi depan dan belakang diganti dengan part yang kinerjanya lebih advance. Sehingga, handling makin cihuy buat rebah di sirkuit.

Sok depan bawaan motor langsung digeser Ohlins FGRT813 fully adjustable. Sementara, peredam kejut belakang yang aslinya pakai Showa diganti pakai Ohlins TTX Mark 2 yang punya dua tabung.

Yoshimura full system, dongkrak power

Urusan setting kedua suspensi baru itu, Yuri dan Hardy serahkannya ke Anto Wibowo. Pria ini sudah jadi langganan komunitas moge untuk bagian setting mesin dan suspensi.

Mengejar kestabilan setang, steering dumper bawaan pabrik diganti buatan Hyperpro adjustable. Lalu, agar makin pede saat hard braking, master rem comot lansiran Brembo tipe RCS19 lengkap dengan brake line dari Brembo.

Power mesin ditingkatkan sedikit lewat penggunaan knalpot Yoshimura full system. Untuk memudahkan fine tuning, dipasang piggy back buatan Power Commander V lengkap dengan Auto Tune dari Dynojet. “Sekarang-sekarang ini masih belajar cara balap, race for fun lah. Nanti kalau sudah benar-benar bagus bawa motornya, ingin serius ikutan ajang balap,” tutup pria yang bermukim di Bojong, Jakarta Barat.(motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Pirelli Supercorsa, 120/70-17
Ban belakang : Pirelli Supercorsa 190/55-17
Knalpot  : Yoshimura
Sok depan : Ohlins FGRT813
TSKG: 0816-17172221

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.