Lepas Cover Aki Honda Vario Techno 125, Jangan Asal Tarik Ya!

Motorplus - Kamis, 14 November 2013 | 09:32 WIB

Melakukan perawatan dan pengecekan pada aki di pacuan kesayangan, memang wajib dilakukan secara berkala. Karena, komponen ini yang akan membuat motor bekerja dengan baik. Ada beberapa tipe motor yang letak akinya tersembunyi dan begitu sulit untuk mencarinya.

Seperti Honda Vario Techno 125 PGMFI. Battery skubek 125 cc injeksi dari Honda ini, letak akinya berada di bawah dudukan pelat nomor depan. Tidak seperti skubek yang lain, yang berada di bawah jok. Sehingga, tinggal membuka jok, aki sudah kelihatan.


Di Vario 125, letak aki juga dekat dengan DLC yang akan kita butuhkan saat melakukan setting komponen injeksi atau saat mencari trouble di komponen injeksi tersebut. “Pada Vario 125, harus membuka tutupnya terlebih dahulu untuk bisa mengecek kondisi aki. Dan, ini kesulitan yang banyak dialami saat kita akan mengecek aki Vario,” beber Tri wahyanto, pebengkel dari Serba Jaya Motor yang ada di Jl. Suruh, Salatiga, Jawa Tengah.

Cover aki tersebut hanya menggunakan dua buah baut pengunci dan flip klip (Gbr. 1). Jadi, untuk melepasnya, pertama yang perlu dilakukan adalah melepas dua buah baut 10 mm yang ada di bagian atas tepat di bawah batok setang.

Meski dua buah baut tersebut sudah dilepaskan, tetapi sobat masih belum bisa tarik ataupun dorong penutup itu. Sebab, masih ada flip klip yang perlu dilepaskan terlebih dahulu. Jadi, jangan asal tarik aja ya bro!

Flip klip tersebut letaknya dibagian ujung bawah dari penutup (Gbr. 2). Untuk membukanya. kita perlu obeng min untuk mencongkelnya (Gbr. 3). “Jangan sampai obeng yang kita gunakan untuk mencongkel malah merusak cat, untuk itu gunakan kain atau benda yang lembut untuk melapisinya,”jelasnya.

Setelah flip klip tersebut bisa terbuka, berikutnya dorong cover atas untuk melepaskan pengait yang berada di bagian kanan dan kiri. Setelah pengaitnya terlepas kita baru bisa mengambil penutup aki tersebut.(motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.