Harley-Davidson 500 dan 750 cc, Inilah Varian HD V-Rod CC Untuk Kelas Menengah!

Motorplus - Rabu, 4 Desember 2013 | 20:22 WIB

Nah, romantisme itu kembali hadir lewat kelahiran dua varian gres H-D di EICMA Motorcycle Show di Milan tahun ini. Pihak H-D meluncurkan dua varian kerennya berkapasitas 500 cc dan 750 cc untuk para young biker khususya daily riders masyarakat urban.

Penggila Harley-Davidson pastinya respect dengan H-D model S keluaran tahun 1909 berkapasitas 449 cc atau dibulatkanj jadi 500 cc. Atau paling dikenang sepanjang masa adalah H-D 45 cu alias H-D 750 cc WLC ataupun WLA yang punya andil di jalannya sejarah dunia.

Nah, romantisme itu kembali hadir lewat kelahiran dua varian gres H-D di EICMA Motorcycle Show di Milan tahun ini. Pihak H-D meluncurkan dua varian kerennya berkapasitas 500 cc dan 750 cc untuk para young biker khususya daily riders masyarakat urban.

This is our patch of the future,” bangga Mark Hans Richer, senior vice president dan kepala pemasaran H-D. Motor yang dijual seharga Rp 77 juta untuk 500 cc dan 86 juta untuk yang 750 cc ini akan segera diproduksi massal di pabrik-pabrik H-D di kota Kansas untuk pasar Amerika, Canada, Meksiko dan India untuk pasar seluruh dunia.

Concern utama di soal kecanggihan teknologi. Dapur pacu pede disebut mesin mereka disebut Revolution X, silinder ganda V-Twin 60 derajat penerus daya rantai, 4 katup tiap silinder.

Jangan bandingkan H-D ini dengan H-D era Evo! Dua versi terakhir ini bisa dibilang pengembangan dari V-Rod yang juga dijuluki mesin Revo, kependekan dari Revolution. Kesamaan paling gampang pilihan V-Twin 60 derajat yang menyimpang pakem H-D yang 45 derajat.

Pertimbangan itu tentunya berdasarkan alasan logis. Jeff Coughlin dari devisi mesin H-D bilang, pilihan kemiringan ini untuk membantu kinerja mesin termasuk ideal untuk karter basah. Sekadar info, karter kering seperti umumnya HD memang sudah ditinggalkan semenjak era V-Rod. Menurut Jeff lagi, pilihan derajat kemiringan ini juga berhubungan dengan center gravity yang lebih rendah buat kenyamanan para die harder, harleymania.

Roda gigi pakai sistem helical yang mebuatnya lebih adem. Kedua motor ini juga tak perlu perawatan intensif. Terapan di dua poros kem (DOHC) untuk 4 klepnya enggak perlu disetel lagi.

Sepertihalnya V-Rod, generasi terbaru ini memakai shim menyerupai pil antara tonjolan kem dan klep. Makin tebal shim, makin tinggi angkatan klep. Jika aus atau mencapai 10.000 mil (16.000 km) tinggal ganti shim, simpel khan?

Dua slinder gandanya juga terbuat dari aluminium yang dipres sangat presisi dengan liner dari besi. Secara garis besar, kontruksi teknis 500 cc dan 750 cc enggak jauh beda. Perbedaannya hanya pada kapasitas mesin.

Keduanya menganut stroke seher 66,0 mm, dan perbedaan di diameter seher. Untuk yang 500 cc, diameter seher hanya 69,0 mm hingga didapat kapasitas tepat 494 cc sedang yang 750 cc punya bore 85,0 mm hingga didapat kapasitas tepat 749 cc.

Korry Vorndran, manajer bagian produksi bilang, bahwa desain keduanya sudah dipersiapkan selama 2,5 tahun. ”Kami ingin memiliki H-D yang lebih lincah, nyaman untuk para rider. Whellbase dibuat lebih nyaman, lebih panjang sekitar 2 inci dari Iron 883, oh ya, beratnya juga lebih ringan dari Iron 883. Kita ingin para bikers lebih enjoy, lincah bermanuver dan posisi riding yang lebih oke,” jelasnya. Sipnya, mereka tetap respek dengan budaya iron horse ala H-D lewat pilihan tangki dan sepatbor dari pelat.

Secara estetika mereka juga punya konsep. Kelincahan dan wibawa H-D XLCR tahun 70-an enggak ditinggalkan dan tetap jadi inspirasi H-D baru ini. Setang ala cruiser santai yang mendekati bahu rider, knalpot 2-1 yang sporty, kaliper tunggal depan dan belakang. Agar seragam seluruh detail desain akan sama untuk seluruh dunia.

”Yang pasti kehadiran H-D ini memang ditunggu para bikers khususnya pecinta H-D. Kami juga melakukan survey ke seluruh dunia apa yang bikers inginkan,” tambah Richers bagian marketing H-D.

Sipnya, motor ini termasuk modifiable, alias member peluang modifikasi para pecintanya. Mereka percaya bahwa sentuhan dan style personal sangat penting di dunia bikers. Saking pedenya ia bercak di Milan saat memperkenalkan motor ini, ”Personal freedom in not just an American ideal,” tegasnya. Ya, setuju! (motorplus-online.com)

SPESIFIKASI TEKNIK

2014 H-D Street 750

Kapasitas

749 cc

Pendingin

: cairan 

Konfigurasi

: V-Twin 60° 

Klep

: 4 katup per-silinder

214 H-D Street 500

Kapasitas

: 494 cc

Pendingin

: cairan

Tipe

: Revolution X engine

Konfigurasi

: V-Twin 60° 

Klep

: 4 katup per silinder
Power
: 54 dk/7.500 rpm

Spek Lain

Percepatan

: 6 fuel injeksi
Penerus daya
:Belt
Knalpot
: 2-into-1
Rem
:
disc depan-belakang

Taillight and bullet
: LED
Roda depan
: 17 inci

Roda belakang

: 15 inci
Panjang sumbu roda
: 59,5 inci
Berat : 218 kg (480 pound)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +