Modifikasi : Kawasaki Ninja 250R 2009 Kebumen, Dimodif Ala Cafe Racer Modern

Motorplus - Selasa, 3 Desember 2013 | 06:17 WIB

Sekilas, tampilan motor bertampang Cafe Racer (CR) ini seperti ubahan CR lainnya. Namun setelah diperhatikan, bodi dengan material crommoly ini spesial. Karena dirangkai di atas lansiran motor baru, Kawasaki Ninja 250R.

Secara detail, ubahan modifikasi dari bengkel Brodonolo Custom Garage (BCG), Kebumen ini memang sedikit extreme. Sebab, komponen yang dipakai dari Ninja seperempat liter ini hanya mesin saja. “Bodi dan sasis custom sendiri. Modelnya mengikuti bentuk sasis Norton Featherbed yang lebar namun ringkas,” buka Andi Septianto, pemilik workshop BCG yang beralamat di Jl. Kutoarjo No. 3B, Panjer, Kebumen, Jawa Tengah ini.

Bentuk sasis Norton Featherbed tentu saja tidak asal caplok. Sebab dimensi mesin Baby Ninja juga besar, walaupun bentuknya ringkas. Tak heran jika modifikator gaul disapa Andi ini mudah menentukan dimensi proporsional secara keseluruhan.

“Paling rumit dalam meracik sasis baru ada pada bagian dudukan mesin bagian belakang dekat komponen dudukan gear depan, karena harus pas menentukan kelurusan rantai. Jika sudut depan tidak pas maka bagian buritan ikut miring,” cuap modifikator yang baru sentuh rusia 28 tahun ini.

Untuk bodi belakang dengan model buntut tawon khas CR, Andi tidak begitu bermasalah. Sebab, sub frame belakang tinggal menyesuaikan sasis baru pada bagian tengah yang memakai material pipa besi 1,5 inci.

 

Sedangkan untuk finishing, Andi mempertahankan guratan besi yang digunakan sebagai ‘baju’ baru. Hanya seluruh bodi disemprot polired bening agar berkilau sesuai karakter besi yang memang keras.

Uniknya, lampu depan justru comot milik skubek. Yaitu, comotan Yamaha Mio Fino. “Alasannya secara konsep memang pas, desain oval lebih terlihat menarik,” tutup Ditto pemilik motor yang juga menghias tubuhnya dengan tatto beragam seni tatto ini. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Brigestone 120/70-17
Ban belakang Brigestone 160/70-17
Sok depan: GSX 750
Swing arm: CB 1000
BCG            : 0878-3946-1646 x

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular