Biker Juga Bisa Bangga Mengapresiasi Budaya Sunda Dalam Fashion Harian

Motorplus - Minggu, 22 Desember 2013 | 08:18 WIB

(Kanan atas)Kalung Kuku Macan. Punya filosofi harus menancapkan kebaikan dimana kita berdiri. (kanan bawah)Gelang akar bahar. Salah satu kerajinan Sunda yang eksotis.

Sebagai pemuda banyak warisan budaya Indonesia dari nenek moyang yang bisa dilestarikan. Dan, memang sudah selayaknya generasi muda melestarikan itu. Seperti dilakukan Ellya “Ekoey” Syerlly seorang biker yang gabung di Honda Vario Rider Club (HVRC) Bandung. Untuk menjunjung tinggi budaya Sunda, pria beken dipanggil Abah Ekoey itu selalu berpakaian dan menggunakan ornamen khas Sunda.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki keunikan. “Selain kita, siapa lagi yang bisa membudayakan harta yang diwariskan nenek moyang? Kita bisa menjadi duta budaya kala uring dengan memperkenalkan ke daerah lain,” yakin Ekoey. (www.motorplus-online.com)

(Kanan)Kujang selalu dibawa melambangkan ketajaman dan daya kritis, juga kekuatan dan keberanian melindungi hak dan kebenaran. (Kiri)Baju Pangsi khas Sunda wajib dipakai saat kongkow bareng.

(Kiri atas)Kepala diikat Makutawangsa. Biasa dipakai Raja Sunda terdahulu. (Kiri bawah)Mahir main karinding, alat musik dari bambu. (Kanan)Tas Kaneron dari rotan yang kental budaya Sunda.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.