Half Fairing Yamaha V-Ixion, Bisa Bergaya Ala Kawasaki Z250 Lho!

Motorplus - Jumat, 27 Desember 2013 | 14:08 WIB

Tongkrongan Kawasaki Z250 memang ciamik! Terlihat kekar dengan fairing minimalis yang nempel di areal depan. Rupanya, model half fairing bawaan Z250 ini banyak dilirik oleh pembesut Yamaha V-ixion Lightning. Lantaran, basisnya sama-sama memiliki genre street fighter.

Ini yang membuat pemilik V-ixion anyar banyak yang pasang half fairing ala Z250 produk aftermarket (gbr. 1). “Kalau pasang half fairing, areal depan V-Ixion jadi lebih ngisi dan terlihat lebih berotot,” ujar Zaidun yang akrab disapa JJ, salah satu produsen bodi aftermarket bolt on JJ Airbrush.

Memang hanya model atau desain half fairing Z250 saja yang ditiru. Tetapi biar pas dipasang ke V-ixion Lightning, dimensinya harus menyesuaikan (gbr. 2). “Kalau dimensi dibuat plek-ketiplek sama dengan Z250 justru malah kedodoran,” lanjut pria yang buka workshop di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Jadi, model half fairing ini menyatu dari bagian atas sampai bawah sampai cover bagian depan mesin. "Asyiknya, dudukan atau breket untuk pasang fairing sudah disediakan," aku Vendi dari gerai Race Motor di Jl. Kebon Jeruk III, Jakarta Barat yang juga jual produk ini.

Untuk pemasangannya enggak terlalu repot kok, airscoop atau sayap standar V-ixion kudu dilepas. Untuk melepasnya buka terlebih dulu airscoop dengan menggunakan obeng minus. Ada tiga baut yang harus dibuka bagian atas, depan, dan yang nempel di radiator.

Oh ya! Bagian sayap dalam yang berbahan abs enggak perlu dilepas, karena berfungsi juga sebagai dudukan half fairing baru. "Hanya pada bagian tengah dan bawah harus bikin dudukan baru pakai breket berlubang yang universal. Tenang breket tambahan ini juga sudah ada kok," urai JJ (gbr. 3).

Nah, untuk half fairing produk JJ Airbrush juga sediakan satu set body bolt on untuk V-ixion yang desainnya mendekati Z250. Mulai dari kondom tangki sampai buntutnya. Bodi juga sudah full airbrush jadi enggak perlu lagi cat ulang. Dibanderol Rp 4 juta - Rp 5 jutaan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.