Cara Mudah Rear Wheel Steering Ala Leon Haslam

Motorplus - Jumat, 27 Desember 2013 | 11:41 WIB

Tidak banyak yang mengenal Leon Haslam sebagai pembalap dengan teknik menikung cara Rear Wheel Steering (RWS). Lantaran pembalap tim PATA Honda Racing di ajang World Superbike Championship (WSBK) tidak pernah terlihat menggunakan cara ini. Tapi bukan berarti ia tidak bisa menikung ala RWS.

Pekan lalu di acara peluncuran Honda CBR1000 Fireblade di Sirkuit Losail, Qatar, anak kandung Ron Haslam itu memperagakan menikung dengan cara RWS. Ia terlihat cukup nyaman dan terlihat sangat cepat melakukannya di tikungan. Bahkan Haslam memberikan coaching clinic pada Ben Cope sang tester dari Visor Down.

“Teknik menikung RWS awalnya menentukan angle menikung. Lalu tambahkan sudut kemiringan motor yang lebih besar. Kemudian putar tuas gas lebih dalam. Kalau dirasa ban belakang belum ngepot, bobot badan bisa agak dicondongkan ke depan. Tujuannya untuk membuat roda belakang kehilangan traksi. Tinggal melakukan kontrol yang tepat pada ban depan. Agar tidak terjatuh,” ujar Haslam.

Cope sendiri mengaku tidak bisa mengikuti cara Haslam yang teorinya cukup gampang itu, meski sudah dicontohkan Haslam. “Kedengarannya memang sangat gampang bukan? Ia mendemonstrasikan teknik RWS dengan sangat baik.”

“Saya tidak bisa mengikuti performanya, meski ban belakang sliding seperti itu di tikungan. Ia dengan cepat menghilang di tikungan,” jelas Cope. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.