Teknik Sideways, Sebutan Rossi Untuk Nikung Dengan Cara Ngepot

Motorplus - Sabtu, 28 Desember 2013 | 14:38 WIB

Saat memutuskan harus pindah ke tim Ducati dari Yamaha, Valentino Rossi memang punya serangkaian rencana. Tapi sayang rencana itu tidak berjalan lancar ketika ia menjalani karirnya di tim merah (Ducati). Serangkaian cara yang ia lakukan tidak ampuh membawa kemenangan baginya. Termasuk teknik nikung dengan Rear Wheel Steering (RWS) yang ia sebut dengan sideways.

Rossi pun mulai mempelajari teknik tersebut di VR46 Ranch pada era 2011-2012, agar bisa mengendalikan motor Ducati seperti cara Casey Stoner menaklukkan motor tersebut. Meski pada akhirnya ia tak bisa melakukannya.

Praktek sideways di ranch milik sendiri

Ketika kembali ke tim Yamaha, Rossi sendiri tidak bisa berbuat banyak. Lantaran kematangan Jorge Lorenzo di motor tersebut sudah semakin baik. Beruntung ia masih bisa membuktikan performanya dengan meraih 1 kali kemenangan di MotoGP 2013.

Tapi teknik yang selalu dipelajarinya di sirkuit yang berlokasi di Tavulia, Italia itu, belum bisa membawanya konsisten bertarung di lini terdepan. Apakah mengganti kepala mekanik untuk musim kompetisi 2014, bisa membawanya tampil lebih kompetitif? Ataukah menggunakan teknik nikung yang lebih berani seperti Marc Marquez atau Stoner yang jadi jawabannya? Kita lihat buktinya tahun depan. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.