Ganti Kampas Rem Depan Suzuki Titan, Bisa Pakai Punya Blade

Motorplus - Senin, 30 Desember 2013 | 15:44 WIB

Master rem Suzuki Titan dan Honda Blade sama

Suzuki New Smash 110 dan Smash Titan 115 desainnya beda-beda tipis. Selain desain bodi yang lebih kaku, kapasitas mesin hanya naik sekitar 5 cc dari yang New Smash. Tapi, walau nama depan sama, bukan berarti kampas rem depan bisa saling tukar. Ternyata beda bentuk, Cuy. Halah...

Kalau New Smash didukung kaliper 2 piston. Sedangkan kepala babi (istilah anak bengkel) Smash Titan, hanya 1 piston dan berukuran besar.

“Jadi, jangan sembarangan beli di toko onderdil. Buat Smash Titan sering enggak ada," ucap Eja yang punya nama lengkap Jaja Rusja tapi tidak ada hubungan dengan Jaja Miharja, Jasa Raharja apalagi Jasa Marga.

Cuma kalau memang enggak tersedia dimana-mana, saran Eja, gunakan kampas rem dari motor lain yang bentuknya sama. Misalkan punya Honda Revo Absolute atau Blade yang sama-sama pakai 1 piston kaliper. Kebetulan bentuknya sama dengan kampas rem Smash Titan.

"Harga kampas rem original kedua merek motor ini juga beda tipis. Punya New Smash sekitar Rp 22 ribu, lalu punya Blade Rp 25 ribuan. Cuma ya beda bentuk dan enggak mungkin bisa dipakai," lanjut mekanik yang gabung di Anggrek Motor di Jl. Batas Kreo, Ciledug, Tangerang itu.

Model kampas remnya untuk 1 piston

Kampasnya cuma buat 1 piston, bukan dua kayak New Smash
Tapi, bukan berarti menganjurkan pakai dari bebek Honda, lho. Kalau memang ada di bengkel resmi Suzuki juga enggak masalah pakai yang asli.

Nah, untuk pasangnya juga mudah jika ingin melakukan sendiri. Cuma siapkan kunci ring 12, obeng min dan kunci L 8 buat melepas baut panjang pemegang kampas di kepala babi.

"Prosesnya kunci ring 12 buat membuka baut pegangan kaliper. Obeng min buat melepas penutup lubang baut pemegang kampas yang nantinya juga dibuka pakai kunci L 8," imbuh Eja.

Beres deh. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.