Silahkan Cek Relay Starter Kalau Fitur Electric Starter Motor Ogah Berfungsi

Motorplus - Senin, 13 Januari 2014 | 11:08 WIB

Cek pakai multitester untuk memastikan kondisi bendik

Jangan bingung ketika sobat menekan tombol elektrik starter, tetapi mesin enggak mau hidup. Pastikan saja, kondisi aki memang dalam prima dan dinamo starter juga berfungsi baik. Tapi, ada satu lagi! Yaitu, relay starter atau juga disebut bendik. Sebab jika bendik rusak, maka meskipun kondisi aki dan dinamo starter prima pun elektrik starter tak akan berfungsi.

“Sebab, relay starter berfungsi layaknya jembatan antara kontak, aki dengan dinamo starter,” ungkap Slamet selaku Instruktur Yamaha Enginering School PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ketika posisi kontak dalam kondisi ON, maka arus listrik dari aki siap terhubung ke dinamo starter. Namun oleh bendik, masih diputus. Ketika tombol starter ditekan, barulah arus listrik akan mengalir ke dinamo starter.

Bendik alias relay starter berbunyi ketika tombol starter ditekan

Untuk mengecek bendik itu masih dalam kondisi bagus atau tidak, sebenarnya mudah. Biasanya ketika tombol starter ditekan, maka akan timbul bunyi dari bendik. Ctakkk...,ctakkk. Itu artinya, part masih dalam kondisi bagus. “Memang, biasanya ketika bendik aktif akan menimbulkan bunyi,” sebut Slamet lagi.

Namun untuk memastikannya, sobat juga bisa jugakan multitester buat cek kondisi bendik masih bagus atau tidak. Sobat bisa geser tombol multitester ke posisi hambatan atau ohm. Jika ternyata tidak ada hambatannya sama sekali, itu artinya bendik sudah rusak dan tak bisa dipakai lagi deh. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.