Farhan Hendro dan Delvintor Alfarizi, Belajar Motocross di Amerika Belajar Ilmu Kurikulum Disiplin

Motorplus - Minggu, 26 Januari 2014 | 15:10 WIB

(dari kanan-kiri) Romy Sofyan, Delvintor Alfarizi, dan Farhan Hendro. Lokasi MLF

Sejak 6 Januari lalu Farhan Hendro dan Delvintor Alfarizi terbang ke Amerika. Farhan, crosser MX2 Nasional dan Adel, panggilan akrab Delvintor Alfarizi, crosser SE85. Di Negeri Pam Sam keduanya ikutan training selama tujuh pekan di Millsaps Training Facility (MTF), East Coast, Cairo, Georgia, Amrik.

“Millsaps punya kurikulum yang jelas. Mungkin di sinilah sekolah motocross yang punya kurikulum sangat detail dan terarah. Fokusnya kedisiplinan. Instruktur di sini berpegangan pada kalimat discipline is not dirty word,” kata Romy Sofyan, yang mendampingi Farhan dan Adel.

Kalimat discipline is not dirty word tegas banget. Maksudnya kira-kira disiplin bukan kata yang harus dipinggirkan untuk crosser profesional. Disiplin harus jadi dasar utama mendidik pembalap. Bakat tinggi yang dimiliki pembalap akan kurang artinya tanpa disiplin.

Delvintor Alfarizi sedang dievaluasi instruktur MLF

Makanya, kurikulum di MTF sangat ketat. Beberapa hal yang diajarkan ke peserta didik MTF untuk membangun pola disiplin. Poin-poin utama training saat di sirkuit, pola fitness, latihan cardiovascular, fleksibilitas, latihan kekuatan, mentalitas, dan nutrisi.

“Setiap siswa diberikan buku catatan yang harus diisi setiap hari. Nanti sang instruktur akan memberikan evaluasi,” ungkap Romy yang juga pemilik Orca Racing, Bandung.

Salah satu yang bikin MTF berbeda dengan sekolah balap motocross yang lain di Amrik, saat masuk sesi latihan di gym. Instruktur akan memberikan informasi secara detail otot-otot dan fungsinya untuk badan manusia.

“Setelah dijelaskan baru deh training fisik. Tapi, hanya otot-otot tertentu saja yang dilatih. Jadi latihan fisiknya fokus ke organ tubuh yang memang dipakai untuk seorang pembalap,” kata Romy.

Farhan Hendro. Bersihkan sendiri motor yang dipakai

Setelah masuk tiga minggu latihan MTF, Farhan dan Adel akan ikut balapan motocross untuk regional. Di balapan ini akan dilihat hasilnya dari latihan sebelum balap.

“Beberapa skill sudah dievaluasi. Hasilnya kelihatan banget dari catatan waktunya,” tutup Romy.

MTF sendiri mulai dibuka tahun 2003. Area sekolah balap MTF totalnya ada 50 hektar. Sirkuit, training materi tertulis, dan area gym disediakan MTF. Sponsor utama MTF RedBull. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.