Cairan Penetran, Bisa Lepaskan Karat di Bagian yang Rawan Karat Pasca Terendam Banjir

Motorplus - Rabu, 5 Februari 2014 | 06:46 WIB

Semprotkan penetran untuk melepaskan karat

Tak ada salahnya lakukan perawatan dengan menyemprotkan cairan penetran di part-part yang membutuhkan. Misalnya, di baut dan mur. Jadi, jangan pelumas murni.

“Penetran sudah ada kandungan pelumas. Dengan adanya penetran ini, sebagai cairan pembawa agar daya jangkau pelumas lebih jauh masuk ke dalam sela-sela,” ujar Peter Dionisius, Product Development & Promosi PT Autochem Industry, selaku produsen Master di Indonesia.

Tetapi menurut Dion, sapaan akrab pria berkacamata ini, penetran tidak seluruhnya menghilangkan karat. “Dibilang penghilang karat, tidak juga. Tetapi, lebih tepatnya sebagai pelepas karat,” timpalnya.

Ambil contoh, baut dan mur. Karat akan mengikat dua permukaan. Ya, antara baut dan mur. Adanya karat, maka part ini menjadi sulit dibuka. Dengan masuknya penentran ke sela-sela dan berada diantara keduanya, maka karat menjadi terlepas dan baut serta mur mudah dibuka.

Nah, air yang menggenang selama banjir, berpotensi menimbulkan karat di komponen motor. Sebab, air tersebut bisa saja membawa zat-zat tertentu yang menyebabkan timbulnya korosi. Seperti halnya di baut-baut atau rantai. Karena, komponen ini lebih sering bergesekan. Sehingga, ada bagian permukaan yang tak berpelindung atau tergores. Akhirnya, karat pun hinggap.

Agar part-part tak mudah dihinggapi karat dan terlepas dari karat, sobat semprotkan cairan penentran ya. “Memang, perawatan ini tak kalah penting. Misalnya, di baut roda,” saran Sugio, Kepala Mekanik Suzuki Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan.

Selain dari mur-baut, cairan penentran ini juga bisa diaplikasi di rantai. Atau, bisa juga sobat gunakan chainlube atau cairan pelumas rantai. Karena daya masuk ke sela-sela bushing lebih jauh ketimbang hanya pelumas atau grease. Kalau grease pun, takutnya malah bisa menangkap debu.

Begitu juga dengan kondisi laher-laher. Seperti laher roda. Makin berpotensi jika laher yang diaplikasi tak memiliki karet pelindung. Karat bisa membuat putaran laher menjadi seret bahkan macet.

Dicek lagi ya, sob (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.