Jap’s Bratstyle Indonesia (JBI), Junjung Tinggi Persaudaraan

Motorplus - Jumat, 7 Februari 2014 | 13:15 WIB

Semua model custom boleh ikut

Penggemar aliran Jap’s Style dan Brat Style sangat mengedepankan kesederhanaan dan fungsi. Kedua aliran modifikasi ini mulai dikenal para penggemar modifikasi motor di Indonesia pada awal 2000.

Ciri yang khas pada aliran modifikasi ini penggunaan tangki yang lebih kecil. Sepatbor depan dan belakang juga dilepas atau dipotong lebih pendek. Aliran modifikasi yang berasal dari Jepang ini mampu membuat tampilan motor simpel dan lebih ringkas.

Tetapi dengan modifikasi yang dilakukan seperti ini, yang menjadi ciri kuat lainnya yaitu perangkat keamanan dan keselamatan yang tetap terpasang. Seperti lampu sein, kaca spion dan juga stoplamp yang tetap berfungsi.

Di Indonesia bengkel modifikasi yang cukup beken dengan aliran ini seperti Hantu Laut, Studio Motor Custom Bike, Deus. Sering kita lihat di jalanan motor yang menjadi standar modifikasi aliran ini yaitu Yamaha Scorpio, Suzuki Thunder 250, atau motor sport Honda.

Kopdar dadakan pun jadi

Komunitas aliran ini awalnya terbentuk di dunia maya pada 2009. Terbentuk karena sama-sama penggemar aliran Jap’s Style dan Brat Style. “Jadi meskipun punya motor masih dalam kondisi standar tapi gemar dengan aliran ini juga bisa ikutan sharing di sini,” kompak Damar, Ardie Zein dan Dody sebagai anggota.

“Untuk wilayah Jabodetabek JBI biasa Kopdar dan kongkow bareng di Taman Ismail Marzuki dan juga kawasan Blok A, Jakarta Selatan,” jelas Ardie.

Kopdar untuk wilayah Jakarta biasanya dihadiri oleh minimal 100 orang anggota. Komunitas ini memiliki tagline yang simpel, yakni anti ribet. “Sehingga di komunitas ini memang tidak memiliki AD/ART yang dianggap bikin ribet. Namun kami semua solid dan guyub serta menjunjung tinggi rasa persaudaraan sesama biker,” bilang Damar lebih lanjut.

Vest tak wajib kulit

Para penggemar Jap’s Style dan Brat Style yang bergabung di komunitas ini, terbukti banyak juga dari klub motor lain. “Bermacam-macam latar belakang anggotanya, dari berbagai kalangan. Ada pengguna motor tua, motor gede, dan ada juga modifikator,” yakin Damar.

Buat calon anggota yang ingin bergabung tapi tidak mempunyai motor custom pun tetap bisa. Silakan buka saja Facebook komunitas JBI di alamat Jab Bratstyle Indonesia. Sipnya, komunitas ini juga memiliki kegiatan rutin tahunan. Di antaranya mengikuti berbagai contezt modifikasi bertaraf internasional. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.