Substitusi Part Piaggio Zip, Bisa Aplikasi Komponen Motor Jepang

Motorplus - Kamis, 6 Februari 2014 | 16:00 WIB

Piston Honda Supra bisa diaplikasi

Piaggio Zip yang tampil dengan kapasitas mesin 96 cc, memang menjadi alternatif pilihan para remaja. Iya, remaja yang ingin tampil sporty namun tetap mengadopsi merek berkelas seperti Piaggio. Meskipun terbilang motor low entry Piaggio, harga spare part Zip juga tergolong mahal. Selain itu, terkadang suku cadangnya agak sulit ditemukan. Nah, sobat yang sudah punya Zip, jangan ambil pusing. Ini ada kok beberapa part yang bisa disubstitusi.

“Bisa pakai part dari motor Jepang. Untuk piston, bisa pakai milik Honda Supra lama. Iya, Supra yang 100 cc,” sebut Anom, pemilik bengkel Anom Vespa di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Roller Suzuki Spin silakan dilirik

Sejatinya piston standar Zip memiliki diameter piston 50 mm. Ini pun sama dengan piston standar Supra. Namun ketika piston standar Zip mulai aus, sobat bisa lirik piston oversize Supra. Tapi, sebelum pasang ke blok Zip, sobat kudu korter dulu blok silinder ya. Piston oversize bisa dipilih sesuai dengan keausan blok.

Nah, part yang lainnya, ketika tarikan motor sudah mulai berat, suara mesin berisik, CVT bunyi mendecit. Silakan dikroscek terlebih dulu bagian roller, bro. Roller bisa aplikasi milik Suzuki Spin. “Bobot dan bentuk roller Zip sama dengan roller Spin, yakni 12 gram. Harga, Rp 90 ribuan,” ujar Anom.

Karburator juga bisa dimodifikasi dengan penggunaan Keihin PE 24 mm. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular