Pemberat di Motor Drag, Butuh Aturan Khusus, Agar Tak Membahayakan Penonton dan Dragster

Motorplus - Jumat, 7 Februari 2014 | 06:06 WIB

Pemberat diikat alakadar pakai lakban dan insulok. Berisiko mudah lepasCaption

Sejak batasan bobot diberlakukan di ajang drag bike, mekanik dan kru tim harus putar otak untuk mengakali kekurangan bobot. Apalagi kalo pakai joki berbadan enteng. Hasilnya sering dijumpai di event balapan lurus, tak sedikit yang terpaksa harus pasang pemberat tambahan.

Mending kalau beban tambahannya cuma sedikit. Banyak yang memasang beban bertumpuk-tumpuk dengan memanfaatkan pemberat dari gir, bandul kruk as, dan kunci-kunci. “Malah saya pernah lihat ada yang pakai aki mobil sebagai pemberat,” tukas Mukhlisin alias Ocien, mekanik Gofai Racing Team (GRT), Jakarta.

Mirisnya lagi, penempatannya asal ada lokasi yang kosong di bagian motor. Pengikat bebannya juga hanya mengandalkan insulok (kabel ties). “Kami pernah coba pasang pemberat di ujung rangka belakang. Efeknya motor cenderung mudah standing dan bagian belakang jadi liar saat start,” papar Ocien.

Bikin dudukan khusus buat pemberat dengan pengikat yang safety

“Jika sampai motor terjatuh, pem-beratnya bisa terlepas dan mental kena pembalapnya sendiri atau ke penonton,” bilang sumber dari PP IMI yang enggan disebut namanya saat ketemu MOTOR Plus di kejurnas drag bike di Cikarang, Jawa Barat, akhir 2013 lalu.

Eh, benar saja. Tak lama kemudian salah satu dragster kelas FFA matic yang postur tubuhnya kecil dengan pemberat yang cukup banyak di sasis tengah dan ujung buritan pacuannya, dipaksa jumpa-litan. Motor tak terkendali usai lepas dari garis start. Pemberat tambahan yang menggunakan tumpukan gir, mental kena muka salah seorang penonton.

“Bisa saja mekanik mengganti atau memodifikasi sasis motor dengan yang lebih berat. Tapi, fenomena yang terjadi di lapangan, kan satu motor jokinya gonta-ganti. Berat badan joki yang satu dengan yang lain berbeda-beda,” tukas Indra Gunawan, bos GF Racing Team.

Penempatan beban di ujung buritan cenderung bikin motor jadi liar

Cara lain, “pakai wearpack bisa membantu nambah bobot. Lebih safety pula,” timpal M. Saiman, dragster MC Racing TDC.

Cara lain bikin pemberat khusus yang pemasangannya dibikin se-safety mungkin, seperti yang dilakukan oleh tim GF Racing. “Pemberatnya dikancing pakai baut di bawah mesin (baca hal.13). Atau bisa juga di sasis tengah, lalu diikat pakai strap biar tidak mudah lepas. Joki saya mana mau ngegas kalau motornya gak safety,” imbuhnya.

Seharusnya, lanjut Indra, panitia harus ngecek penempatan beban tambahannya. “Jika belum safety, motor itu tidak boleh start. Bila perlu pemberatnya disegel, tidak boleh dilepas sampai final. Guna mengantisipasi kecurangan beban dilepas lagi usai scrut,” sarannya.

Bagaimana? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.